Ayam Ingkung Mbah Geol yang Pernah Dicicipi Presiden Jokowi

Sayoto Ashwan - detikFood Selasa, 28 Jan 2020 10:30 WIB
Jokowi makan ayam ingkung Foto: Instagram ingkungpepesmbahgeol
Bantul -

Di hari terakhir tahun 2019 silam, Presiden Jokowi singgah ke Rumah Makan Mbah Geol menyantap ayam ingkung dan pepes. Apa istimewanya hidangan khas Bantul ini?

Pada tanggal 31 Desember 2019, usai meresmikan Bendung Kamijoro, di Tepi Sugai Progo di Sentolo, Kulon Progo. Presiden Jokowi menyempatkan diri mampir ke Rumah Makan Sop Iga & Ingkung Mbah Geol di Pedukuhan Semampir, Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lokasi resto Mbah Geol, cukup strategis dan mudah dijangkau. Dari pusat kota Yogyakarta hanya berjarak sekitar 15 kilometer ke arah barat menuju ke jalan Wates. Begitu sampai di perempatan Sedayu,Bantul langsung belok kiri sejauh 200 meter. Terletak di kiri jalan, warung ini cukup menonjol dengan bangunan joglo di bagian depan.

Ayam Ingkung Mbah Geol yang Pernah Dicicipi Presiden JokowiFoto: Sayoto Ashwan/dok. detikcom


Begitu masuk, restoran ini menyediakan meja unik yang terbuat dari kayu yang cukup besar. Foto beberapa pejabat dari Presiden, Kapolda hingga Sultan Hamengkubuwono dan GKR Hemas ikut dipajang di sisi dinding.

Bagi yang datang beramai-ramai bisa bersantap di sisi belakang berupa area lesehan yang cocok untuk makan bersama. Tepat di bawah lesehan ini terdapat kolam ikan dengan aneka jenis ikan.
Udara di tempat ini juga cukup segar dan nyaman, dikelilingi persawahan, yang memberi suasana semakin asri. Apalagi sang pemilik juga menempatkan beberapa jenis tanaman bonsai.


"Kita buka sejak Mei 2018 dengan menu unggulan pepes ikan, ingkung dan sop iga serta iga bakar,"jelas Hilda Arista sang pemilik resto kepada detik.com, Minggu (26/1/2020).

Ayam Ingkung Mbah Geol yang Pernah Dicicipi Presiden JokowiFoto: Instagram ingkungpepesmbahgeol


Menu ini menjadi unggulan karena rasanya yang sekelas dengan masakan hotel berbintang. Menggunakan ikan segar menjadi pepes ini semakin nikmat untuk disantap. Begitu juga ingkung, menggunakan ayam Jawa asli yang dimasak dengan cara diungkep. Hasilnya dagingnya cukup empuk dan lembut dengan balutan bumbu yang gurih mantap.

Ayam Ingkung autentik Jawa memakai ayam kampung yang baru dipotong. Bagian perutnya diisi dengan kelapa parut dan bumbu lalu dimasak utuh hingga daging ayam menjadi lembut dengan rasa opor yang meresap.

Sebelum dikunjungi Presiden Jokowi, warung ini dalam satu hari hanya mampu menjual 10 sampai 20 ekor ayam. Namun saat ini rata-rata mencapai 30 ekor. Belum ketika long weekend, bisa mencapai 40-60 ekor. Begitu juga dengan pepes ikan nila juga melonjak dari 20 menjadi 50 ekor per hari.

Ayam Ingkung Mbah Geol yang Pernah Dicicipi Presiden JokowiFoto: dok. detikcom


"Kita cukup merasakan Jokowi Effect, banyak yang penasaran dan berkunjung kesini,"tuturnya. Tidak hanya dari sekitar Yogyakarta, namun juga dari Magelang, Wonosobo, Kebumen hingga Purwokerto datang ke tempat ini.

Resep makanan ini, merupakan resep turun temurun dari mendiang Mbah Geol dengan dilakukan inovasi. Apalagi sang chef Hendri Prasetyo (30), merupakan jebolan dari Hotel berbintang di Yogyakarta. Tak ayal suami dari Hilda ini, menjadi kunci utama aneka menu di rumah makan ini termasuk tampilan dalam setiap penyajian.

"Untuk menjamin rasa, kita tangani langsung dalam memasaknya. Apalagi beberapa bumbu Jawa itu harus pas," jelas Hendri. Menu yang disajikan inipun dijamin aman dan bebas dari aneka jenis pengawet.

Ayam Ingkung Mbah Geol yang Pernah Dicicipi Presiden JokowiFoto: Istimewa


Bulan Desember lalu sebelum presiden menyantap, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) setiap hari mengecek dan menguji secara laboratorium terhadap semua masakannya. Menurut Hilda, Presiden Jokowi cukup menikmati menu yang mereka sajikan. Hampir dari semua menu dicicipi presiden, khususnya sup iga, pepes dan ingkung.

"Beliau (presiden) mengatakan suasana desa seperti ini yang dicari dengan menu dan citasarasa yang mantap,"pungkas Hilda.


Salah satu pengunjung Dyah Purwitasari mengaku sebelum dikunjungi presiden, ia sudah dua kali bersantap di tempat ini. Dia paling suka iga bakarnya yang empuk dan bumbunya meresap. Begitu juga dengan ingkungnya, berbeda dengan ingkung yang ditawarkan restoran lain.

Ayam Ingkung Mbah Geol yang Pernah Dicicipi Presiden JokowiFoto: Instagram ingkungpepesmbahgeol


"Rasanya memang pas, dan tidak salah kalau pak Presiden sampai ke sini mencoba," terangnya.

Rumah makan ini buka mulai jam 10.00 pagi dan tutup jam 21.00 malam. Tetapi bisa juga sebelum jam 21.00 tutup jika menu yang ditawarkan sudah habis.



Simak Video "Mantap! Sedapnya Mangut Lele Buatan Bu Is Jetis di Bantul"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)