Mulia! Demi Bantu Siswa Miskin, Nenek Ini Jual Makanan Rp 1.000

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 28 Des 2019 15:30 WIB
Foto: Facebook @Julius Babao
Manila - Seorang nenek penjual makanan jadi viral di media sosial karena memiliki inisiatif unik. Ia menjual jajanan mengenyangkan Rp 1.000-an untuk siswa sekolah.

Tak perlu menjadi orang kaya untuk membantu orang yang membutuhkan. Prinsip ini dipegang teguh oleh seorang wanita tua di Meycauayan, Bulacan, Filipina dalam keseharian. Ia berprofesi sebagai penjual makanan sederhana di pinggir jalan.

Wanita bernama Nanay Mel itu setiap hari bangun lebih pagi untuk masak beragam jajanan dan makanan mengenyangkan. Semua makanan lalu ia bungkus dalam kemasan plastik kecil-kecil. Harga jualnya Php 5 atau sekitar Rp 1.300 saja per buah.

Mulia! Demi Bantu Siswa Miskin, Nenek Ini Jual Makanan Rp 1.000Foto: Facebook @Julius Babao


Dikutip dari Buhay Teacher (28/12), Nanay sengaja menjual makanan dengan harga terjangkau agar siswa-siswa miskin tetap bisa kenyang sebelum pergi sekolah. Makanan yang dijual khas Filipina.

Diantaranya ada menudo, ham, sosis, bopis, dan kare-kare. Salah satu yang unik, Nanay menjual nasi bertopping daging dalam kemasan gelas plastik kecil. Meski porsinya kecil, makanan ini tetap bisa mengenyangkan.

Baca Juga: Punya Resto Mewah, Chef Ini Masak dan Beri Makan Ribuan Orang Miskin

Tak hanya untuk siswa sekolah, makanan Nanay juga bisa dinikmati pengunjung umum. Hanya saja ia tetap berpatokan pada harga jual murah karena ia tahu kalau harganya dinaikkan, banyak siswa miskin tak bisa beli.

Menurut Nanay kebanyakan siswa sudah membawa nasi hangat dari rumah. Barulah mereka jajan lauk atau camilan lain di tempat Nanay sebagai pelengkap bekal.

Pelanggan Nanay lainnya adalah orang-orang kantoran yang sibuk. Umumnya mereka membeli paket nasi dengan pilihan satu atau dua lauk. Harganya tentu saja tetap murah.

Mulia! Demi Bantu Siswa Miskin, Nenek Ini Jual Makanan Rp 1.000Foto: Facebook @Julius Babao


Nanay mengatakan sejak awal memang ingin membuat masakan enak, namun harganya murah untuk para siswa sekolah. Ia mungkin bukan orang sangat kaya, tapi Nanay hanya ingin memastikan para siswa sekolah yang miskin tidak pergi belajar dalam kondisi perut kosong atau lapar.

Nanay bahkan menyesuaikan pilihan dan kemasan makanan yang ia jual agar memenuhi selera siswa sekolah. Misalnya membuat hot dog dalam bentuk lembaran, siomai mungil berharga murah, stik keju, dan bahkan ragam fish ball.

Mulia! Demi Bantu Siswa Miskin, Nenek Ini Jual Makanan Rp 1.000Foto: Facebook @Julius Babao


Yang juga bikin salut, Nanay memastikan makanan tersebut bersih. Ia mengemas makanan dalam kontariner-kontainer plastik tertutup sehingga meminimalisir cemaran seperti lalat atau debu jalanan.

Sebelumnya kisah nenek baik hati yang suka membagikan makanan juga ada di India. Nenek bernama Rani ini memasak hidangan tradisional untuk dibagikan gratis setiap hari pada orang yang membutuhkan.

Rani selalu menolak pemberian uang dari orang yang kurang mampu. Dengan hati besar ia akan tetap memberikan makanan gratis pada mereka yang membutuhkan.

Baca Juga: Mulia! Nenek Ini Berikan Makanan Gratis untuk Orang Miskin Setiap Hari

Simak Video "Lapek Koci, Kuliner Khas Pariaman yang Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)