'Spice Connection' Perkenalkan Kelezatan Autentik Hidangan 4 Pulau Indonesia

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 26 Nov 2019 14:15 WIB
Foto: Dok. The Ritz-Carlton Bali
Nusa Dua - Memperkenalkan hidangan tradisional kepada wisatawan bukan hal mudah. Dengan trik khusus kelezatan hidangan tradisional bisa membuat orang ketagihan.

Promosi destinasi wisata di Bali tak henti dilakukan. Selain tempat-tempat menarik, tentunya makanan lokal yang enak menjadi incaran wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara. Mereka ingin tahu seperti apa kelezatan makanan Indonesia?

Tidak banyak hotel dan resort berani membuka restoran yang didedikasikan khusus untuk makanan Indonesia atau nusantara. Seperti yang dilakukan oleh The Ritz-Carlton Nusa Dua Bali. 'Bejana' restoran Indonesia dengan pemandangan cantik samudra Hindia khusus menyajikan makanan Indonesia, bukan hanya Bali saja.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Promosi Indonesia dan makanan Indonesia menjadi salah satu tujuan utama dibukanya 'Bejana'.

'Kami ingin memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada tamu-tamu terutama yang dari luar negeri. Salah satunya adalah kuliner nusantara. Meskipun banyak hotel yang justru memilih makanan Italia, China, Jepang, dan lainnya. Tetapi kami justru menjadikan restoran Indonesia sebagai signature restaurant. Apalagi buat tamu yang pertama kali ke Bali tentu ingin mencicipi makanan lokal,' Jelas Prhtivi Dyah, Director of Public Relations The Ritz-Carlton.



 'Spice Connection' Perkenalkan Kelezatan Autentik Hidangan 4 Pulau IndonesiaFoto: Dok. The Ritz-Carlton Bali


Karena itu secara rutin di 'Bejana' digelar promosi makanan Indonesia. Pada bulan November 'Spice Connection' menghadirkan wisata kuliner mencicipi hidangan Indonesia dari 4 pulau di Bejana. Meliputi pulai Sumatera, jawa, Bali dan Sulawesi. Promosi dimulai pada tanggal 4 November hingga 1 Desember 2019.

Setiap minggu chef Made Karyasa sebagai house chef 'Bejana' memperkenalkan set menu dari pulau yang berbeda. Dari Pulau Sumatera ada Mie Goreng Aceh, Otak-otak dan Pelecing Sayuran. Sedangkan dari Pulau Jawa ada Batagor, Sate Maranggi, Serabi Pandan dan Nasi Tumpeng. Makanan Bali juga diperkenalkan seperti Ayam Betutu, Tum Bebek, lawar Kacang Ayam dan pepes ikan. Sementara dari pulau Sulawesi ada Coto Makassar, Ayam Rica-rica, Ikan Panggang serta Klapertaart.

 'Spice Connection' Perkenalkan Kelezatan Autentik Hidangan 4 Pulau IndonesiaFoto: detikfood


Petty Elliot, ahli kuliner dan penulis buku 'Papaya Flowers' menjadi chef tamu pada tanggal 20 November dalam 'Summer Lunch'. Cooking class 'Garden Table' juga diadakan tanggal 21 November lalu diikuti dengan wine dinner. Peserta diajak mengenal bumbu khas Indonesia dan cara meraciknya. Beragam masakan Indonesia diracik khusus oleh Petty Elliot untuk disuguhkan pada tamu.

Makanan Indonesia tak bisa begitu saja disajikan persis seperti aslinya. Bagi orang dari pulau lain apalagi dari luar negeri tentu perlu penyesuaian. Untuk itu chef Made melakukan beberapa trik mempertahan citarasa aslinya.

 'Spice Connection' Perkenalkan Kelezatan Autentik Hidangan 4 Pulau IndonesiaFoto: Dok. The Ritz-Carlton Bali


'Di Bejana kami berusaha menyajikan makanan Indonesia seautentik mungkin. Karena banyak tamu asing maka kami mengurangi sedikit cabainya. Untuk orang Indonesia memang terasa kurang pedas makanya sebelum memesan makanan kami jelaskan tentang kepedasan makanan di sini,' ungkap Chef Made Karyasa.

Selain mempertahankan bumbu autentik dan sedikit mengurangi cabai. Juga dipersiapkan alat-alat khusus seperti panggangan dan alat tradisional lainnya. Iapun berharap promosi makanan Indonesia lebih berkembang baik di dalam maupun di luar negeri. Karena banyak bahan-bahan yang mudah didapat di luar Indonesia.

 'Spice Connection' Perkenalkan Kelezatan Autentik Hidangan 4 Pulau IndonesiaFoto: Dok. The Ritz-Carlton Bali


Sementara itu Karim Tayach, General Manager The Ritz-Carlton Bali mengatakan, 'Pedagang India dan Arab sejak lama mendatangi Indonesia untuk berdagang dan mereka membawa juga rempah-rempah Indonesia. Kemudian dilanjutkan oleh Portugis dan Belanda. Kini rempah-rempah Indonesia lebih dikenal sebagai bumbu masakan yang sedap. Karenanya perlu lebih diperkenalkan kembali melalui promosi makanan Indonesia.'

Promosi 'Spice Connection' ini akan berakhir tanggal 1 Desember. Sleagi ada di Bali Anda bisa menikmati kelezatan hidangan Bali dan kepulauan lain di Indonesia di Bejana. Menikmati kekayaan rempah dalam bumbu masakan sedap sambil menikmati semilir angin dari samudra Hindia.



Simak Video "Kelezatan Hidangan Indonesia Diperkenalkan ke Wisman"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com