Paduan Rasa Es Kopi Susu Klepon di Kafe Ini Bikin Nagih

Faidah Umu Sofuroh - detikFood Jumat, 22 Nov 2019 10:29 WIB
Foto: detikcom/Grandyos Zafna Foto: detikcom/Grandyos Zafna
Jakarta - Kopi sudah menjadi minuman yang begitu menyatu dengan lidah masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak varian rasa kopi yang enak, salah satu yang menjadi fenomenal adalah es kopi susu.

Seduhan kopi yang dipadu dengan manisnya susu memang menjadi salah satu varian rasa kopi yang memiliki banyak penggemar. Beberapa waktu lalu, detikfood berkesempatan menyeruput es kopi susu di Selah Coffe & Kitchen.

Bukan sembarang es kopi susu, Selah memiliki es kopi susu dengan rasa yang sangat unik, yakni es kopi susu klepon. Terdengar aneh awalnya, tapi ternyata setelah dicoba, es kopi susu klepon ini punya rasa yang unik yang bikin nagih.


"Kita kan taunya es kopi susu itu kayak Vietnam lah, tapi sebetulnya kita bisa create yang lain dari pada itu mungkin es kopi susu klepon salah satunya. Kita ingin meng-create es kopi susu menjadi sesuatu yang lebih tradisional," ujar Executive Chef Selah Coffe & Kitchen, Ardhanta Satriya Winarko.

Secara look, es kopi susu klepon ini sangat menarik perhatian. Ada 3 gradasi warna dalam minuman ini, coklat di bagian atas, putih di tengah dan hijau di bawah. Taburan kelapa parut yang mengelilingi bibir gelas pun mempercantik tampilan es kopi susu ini.

Tak sabar, detikfood pun segera mengaduk dan mencoba rasa dari es kopi susu klepon yang sangat unik ini. Ketika diseruput, rasa yang pertama terecap adalah rasa kopi susu. Namun di aftertaste ada rasa kelapa, pandan, dan gula merah khas klepon yang memberikan sensasi tersendiri.

Jangan salah, rasa klepon dalam kopi ini sama sekali tidak mengganggu. Justru perpaduan kelapa, pandan, kopi, dan susu menghasilkan rasa yang unik dan bisa diterima dengan baik di lidah.

Puas dengan rasa yang dihasilkan dari es kopi susu klepon, detikfood pun ingin mencoba 'klepon' yang lain di Selah Coffe & Kitchen. Kafe dan resto ini juga memiliki menu dessert unik yakni klepon waffle.


Klepon waffle ini juga memiliki tampilan yang sangat cantik. Ada 4 potong waffle pandan berwarna hijau dengan es krim vanila yang ditaruh di atasnya. Selain itu ada juga tambahan saus pandan dan saus gula merah serta taburan gula halus di dalam piring.

Paduan Rasa Es Kopi Susu Klepon di Kafe Ini Bikin NagihKlepon Wafle/Foto: Dok. Selah Coffee & Kitchen


Tekstur dari wafflenya dibuat sedikit crunchy tapi tetap lembut ketika dimakan. Rasa waffle yang tidak terlalu manis sangat pas dipadukan dengan es krim vanila yang dingin dan manis. Saus pandan dan gula merah juga bisa ditambahkan sesuai selera untuk mendapatkan rasa klepon seperti namanya klepon waffle.

Untuk satu gelas es kopi susu klepon dihargai Rp 28.000 saja. Sedangkan satu porsi klepon waffle dihargai Rp 50.000. Jika kamu ingin mencoba perpaduan makanan modern dan tradisional seperti es kopi susu klepon dan klepon waffle, kamu bisa mencobanya di Selah Coffe & Kitchen.

Kafe ini berada di Rukan Grand PuriNiaga, Jl Puri Kencana, Blok K7 No. 2, Puri Indah, Jakarta Barat. Selah buka setiap hari, Senin-Kamis buka pukul 07.30-21.00 WIB, Jumat-Sabtu buka pukul 07.30-22.00 WIB dan hari Minggu buka pukul 09.30-21.00 WIB. (prf/ega)