Dingin Manis Es Krim

Rujak Es Krim Pakualaman, Obat Ampuh Atasi Gerah Panas

Misericordias Domini - detikFood Rabu, 23 Okt 2019 10:30 WIB
Foto: Misericordias Domini/dok. detikcom Foto: Misericordias Domini/dok. detikcom
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim
Yogyakarta - Cuaca panas terik dan gerah paling cocok ditumpas dengan rasa dingin manis es krim. Apalagi dipadu rujak buah. Seperti rujak es krim Pakualaman yang segar mantap ini.

Yogya memiliki beragam jajanan es tapi ada satu tempat jajan rujak es krim yang wajib untuk dicoba di deretan foodcourt depan Kompleks Puro Pakualaman, Yogyakarta. Dikenal dengan sebutan Rujak Es Krim Pakualaman.

Di sekitar Pakualaman terdapat beberapa warung rujak es krim diantaranya Pak Sony yang ada di Lapangan Sewandanan Pakualaman. Kemudian ada lagi di Jl Harjawinatan sebelah barat Puro Pakualaman juga terdapat warung rujak es krim Pak Nardi dan pak Paiono. Tinggal pilih sesuai selera.

Rujak Es Krim Pakualaman, Obat Ampuh Atasi Gerah PanasFoto: Misericordias Domini/dok. detikcom

Salah satunya Rujak Es Krim Pak Sony. Warung rujak es krim ini diambil dari nama pemiliknya sendiri, yaitu Sony. Ia sudah membuka warung ini sejak 2004, ia sebenarnya hanya melanjutkan usaha milik ayahnya yang sudah ada sejak tahun 1990-an.

"Awalnya bapak saya hanya menjual es dung-dung keliling dengan gerobak. Terinspirasi dari penjual rujak yang menyajikan rujaknya dengan es serut akhirnya bapak melakukan inovasi mencampurkan es dung-dung dengan rujak jadilah rujak es krim," ujar istri Sony, Sri Rahayu saat ditemui di warungnya.

Warung es krim rujak Sony sekarang semakin berkembang dan ramai pengunjung sehingga beberapa bahan seperti sambal dan es dung-dung atau es puter harus dipersiapkan sejak dini hari, khusus untuk buah tetap diserut per jam supaya tetap segar. Sebelum ramai seperti sekarang, dulu Sony masih membuat sambal dan menyerut buah ketika ada pelanggan yang memesan saja.

Rujak Es Krim Pakualaman, Obat Ampuh Atasi Gerah PanasFoto: Misericordias Domini/dok. detikcom

Terdapat empat macam buah yang biasanya Sony gunakan untuk campuran rujak buatannya yaitu bengkoang, mentimun, pepaya dan mangga. Sementara bumbu sambal racikan Sony cukup sederhana hanya berupa cabai, asam Jawa, garam, terasi, kencur dan gula Jawa yang digerus halus.

Sony membuat es dung-dung sejak subuh dengan dibantu dua karyawannya, istri serta satu orang anaknya. Bahan-bahan untuk membuat es krim ala Sony adalah santan, tepung maizena, tepung tapioka/kanji, gula, susu dan sedikit garam.

Penyajian rujak es krim ini cukup mudah parutan buah yang sudah dicampur dengan sambal ditaruh di mangkok dan diberikan beberapa skop es dung-dung (es puter) di atasnya. Pelanggan bisa juga menentukan tingkat pedas yang mereka inginkan karena Sony menyediakan sambal tambahan di tempat terpisah bagi mereka yang doyan pedas.

Rujak Es Krim Pakualaman, Obat Ampuh Atasi Gerah PanasFoto: Misericordias Domini/dok. detikcom

Perpaduan rasa manis, gurih, pedas dan asam dari buah lumer di dalam mulut dalam satu suapan. Es dung dung dengan manis creamy dan dingin memang serasi dicampurkan dengan rujak. Cukup sebagai pelepas dahaga dan rasa gerah.

"Perbedaan kami dengan rujak es krim lainnya ada pada es krimnya. Kami menggunakan santan kental sehingga rasanya lebih gurih," ungkap Sri.

Cukup dengan merogoh uang sebesar Rp 7.000,- kamu sudah bisa mendapatkan satu mangkuk Rujak Es Krim Pak Sony. Warung ini siap melegakan dahaga kamu setiap hari pada pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB.



Simak Video "Redakan Gerah dengan Segarnya Rujak Es Krim Pakualaman"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim