Gibran dan Kaesang Siap Bawa Mangkok Ku dan Goola Ekspansi ke Luar Negeri

Sonia Basoni - detikFood Senin, 21 Okt 2019 17:52 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Hari ini Restoran Mangkok Ku resmi berkolaborasi dengan Goola. Bisnis kolaborasi Gibran Rakabuming ini akan dilanjutkan hingga ke luar negeri.

Bisnis kuliner kedua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep semakin sukses. Tak hanya menghadirkan satu jenis usaha makanan saja, tapi jenisnya terus beragam dari minuman hingga restoran rice bowl yang semuanya masih mengutamakan cita rasa Indonesia.

Bertempat di Kota Kasabalanka, Jakarta Selatan, (21/10). Gibran dan Kaesang meresmikan gerai Mangkok Ku kedua, yang berkolaborasi dengan gerai Goola flagship pertama. Acara dihadiri oleh Chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata dari Mangkok Ku, dan Kevin Susanto dari Goola. Gibran dan Kaesang menjelaskan visi misi mereka untuk terus memajukan kuliner khas Indonesia.

Gibran dan Kaesang Siap Bawa Mangkok Ku dan Goola Ekspansi ke Luar NegeriFoto: dok. detikFood

"Kolaborasi Goola dan Mangkok Ku ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk memperoleh makanan dan minuman berkualitas, dengan cita rasa khas Indonesia. Kami ingin menumbuhkan kembali tren kuliner nasional di Indonesia," ucap Gibran dalam acara Grand Opening, Mangkok Ku dan Goola.


Sebelumnya diketahui, bahwa Mangkok Ku merupakan restoran rice bowl dengan konsep cita rasa Indonesia yang didirikan oleh Gibran, Kaesang, Chef Arnold, dan Randy pada pertengahan tahun 2019. Di sini menu hidangannya terkenal dengan cita rasa tradisional, yang tersaji dalam mangkuk dengan harga terjangkau.

"Restoran Mangkok Ku ini tidak termasuk ke dalam makanan kekinian ya. Karena kita tidak pakai makanan yang overhyped seperti ayam geprek, salted egg, atau sambal matah," jelas Chef Arnold, yang mengkurasi dan menyajikan menu-menu enak dan autentik Indonesia di Mangkok Ku.

Gibran dan Kaesang Siap Bawa Mangkok Ku dan Goola Ekspansi ke Luar NegeriFoto: dok. detikFood

Sementara untuk Goola sendiri, merupakan brand minuman tradisional khas Indonesia yang dikemas dengan sentuhan modern tapi tetap autentik. Goola sendiri merupakan usaha yang didirikan oleh Gibran, dengan Kevin Susanto, serta Benz Budiman pada tahun 2018 lalu dengan konsep 'grab and go'.

Karenanya kehadiran gerai flagship pertama Goola ini menjadi hal yang spesial, dan menjadi tanda kolaborasi untuk berkembangnya Mangkok Ku dan Goola di masa depan.

"Mangkok Ku punya target di tahun 2020 untuk membuka 25 outlet, termasuk ekspansi ke luar negeri. Rencananya outlet Mangkok Ku mau dibuka di Sydney, Austalia. Ekspansinya jelas lebih galak (dari sebelumnya)," tutur Randy selaku salah satu pendiri Mangkok Ku.

Hal serupa juga dituturkan oleh Kevin selaku salah satu pendiri Goola. Mereka yakin membawa brand Goola ke luar negeri, dan membesarkan sayap bisnis di sana. Sekaligus untuk memperkenalkan minuman khas Indonesia yang beragam dan tentu saja memiliki ciri khasnya tersendiri.

Gibran dan Kaesang Siap Bawa Mangkok Ku dan Goola Ekspansi ke Luar NegeriFoto: dok. detikFood

"Kalau Goola kita punya target untuk membuka 20 gerai hingga akhir tahun ini. Di tahun 2020 nanti akan ada 100 gerai Goola. Rencananya kami akan ekspansi Goola ke negara tetangga yang banyak orang Indonesianya, seperti Malaysia, hingga Hong Kong," jelas Kevin.

"Orang Indonesia yang tinggal di luar negeri pasti kangen dengan minuman Indonesia seperti es doger hingga es cincau. Sekarang kan belum ada (di luar negeri), nah kita punya visi misi untuk 'menggulakan' Indonesia ke dunia," lanjut Kevin ketika ditanya ekspansi Goola di luar negeri.


Di akhir kesempatan, Gibran menjelaskan bahwa kini ia sudah melengserkan usaha-usaha kulinernya ke sang adik, Kaesang, dan rekan-rekan bisnisnya. Termasuk bisnis Mangkok Ku dan Goola yang akan ekspansi ke luar negeri ini.

Gibran dan Kaesang Siap Bawa Mangkok Ku dan Goola Ekspansi ke Luar NegeriFoto: dok. detikFood

"Biar CEO-CEO (rekan bisnis) saya yang jawab. Soalnya sebentar lagi saya akan menyerahkan usaha saya ke Kaesang, karena Kaesang sudah wisuda dan lulus. Saya akan menempuh karir di bidang yang lain, jadi saya punya waktu satu tahun untuk menyiapkan adik saya dan semuanya," ucap Gibran.

Pernyataan ini dijawab singkat dan padat dari Kaesang, yang duduk tersenyum di samping Gibran.

"(Jawaban) saya sama kaya Mas Gibran," pungkas Kaesang yang menjawab sudah siap untuk menjalani semua usaha kuliner yang diwariskan oleh sang kakak.

(adr/odi)