20 Pelajar Chicago Praktek Langsung Membuat Tempe

KJRI Chicago - detikFood Selasa, 15 Okt 2019 11:13 WIB
Foto: Dok. KJRI Chicago Foto: Dok. KJRI Chicago
Chicago - Tempe makanan asli Indonesia kini makin mendunia. Buktinya anak-anak muda asal Chicago dengan serius belajar membuat tempe.

Tempe merupakan makanan fermentasi asli Indonesia yang dibuat dari kedelai. Dengan makin populernya gaya hidup vegan di berbagai negara, tempe pun makin populer. Bukan hanya mengonsumsi, mereka juga tertarik membuat tempe.

Buktinya, 20 orang siswa siswi sekolah kuliner dan foodies asal Chicago belajar cara membuat tempe pada acara Tempe Culinary Workshop yang diselenggarakan oleh KJRI Chicago (11/10). Mereka belajar dengan cara hands on atau praktek langsung.


20 Pelajar Chicago Tepikat Belajar Membuat TempeFoto: Dok. KJRI Chicago


"Acara ini merupakan upaya KJRI Chicago mendorong tempe untuk lebih dikenal di kalangan kuliner Amerika Serikat, khususnya di Midwest," ujar Konsul Jenderal RI Chicago Rosmalawati Chalid, seperti dikutip dari rilis KJRI Chicago.

"Sebagai makanan sehat khas Indonesia, tempe merupakan gift, hadiah Indonesia untuk dunia. Tempe memiliki nutrisi protein yang baik, mudah pembuatannya dan mudah pula pengolahannya," imbuh Konsul Jenderal Rosmalawati.

20 Pelajar Chicago Tepikat Belajar Membuat TempeFoto: Dok. KJRI Chicago


Hadir sebagai narasumber dalam acara Tempe Culinary Workshop ini adalah co-founder Indonesia Tempe Movement Amadeus Driando Ahnan. Dalam presentasinya, pria yang akrab disapa Ando ini menjelaskan berbagai kebaikan dan manfaat tempe untuk kesehatan. Dalam workshop ini, Ando, yang merupakan seorang food scientist, juga mengajarkan pembuatan tempe dengan menggunakan peralatan rumah tangga sederhana, seperti plastik bening dan tusuk gigi.

Tahapan pembuatan tempe diajarkan langsung, dari mengusar (mencampur kedelai dengan ragi) hingga mengemasnya dalam kantung plastik. Para peserta sangat antusias mempelajari tahapan pembuatan tempe ini.

20 Pelajar Chicago Tepikat Belajar Membuat TempeFoto: Dok. KJRI Chicago


Selain workshop pembuatan tempe, peserta juga mendapat kesempatan mengikuti tempe cooking demo yang dibawakan oleh Chef Mayasari Effendi. Pemilik restoran Mayasari Indonesian Grill di Greensburg, Indiana ini mengajarkan resep tempe salad dan oseng-oseng tempe kepada para peserta. Dalam sekejap, kedua masakan habis dicicipi peserta.

"Ini merupakan pertama kalinya saya belajar membuat tempe dan saya excited sekali," ujar Caroline, salah satu peserta. "Please wish my tempe fermented well and has a good taste! (Doakan semoga tempe saya jadi dan rasanya enak ya!)," sambungnya dengan sumringah.



Simak Video "Sambal Tempe Pedas Gurih, Bikin Nasi Hangat Cepat Habis"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)