'Bali's Best Eats' Kembali Mencari Tempat Makan Terbaik di Bali

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 05 Okt 2019 11:30 WIB
Foto: Bali's Bali Eats
Jakarta - Sebagai destinasi wisata terpopuler, Bali punya ribuan tempat makan enak. Bali's Best Eats tahun ini kembali mencari tempat-tempat makan terbaik di Bali.

Berwisata tak bisa dilepaskan dengan makan enak. Pulau Dewata dikenal sebagai surga wisata dengan budaya dan alam memikat. Karenanya ribuan tempat makan terus bertumbuh di pulau ini. Bukan hanya jumlahnya, ragam kulinernya juga makin beragam.

Karenanya FoodieS Magazine bersama AQUA Reflections tahun lalu menggelar 'Bali's Best Eats'. Tahun ini penghargaan tersebut kembali digelar, tentu saja dengan lebih banyak tempat makan yang ikut serta.


'Tahun ini kami sangat senang bisa menggelar penghargaan ini. Jumlah restoran di Bali berkembang sangat pesat. Tahun lalu ada 5.600 restoran dan tahun ini tercatat 7.300 restoran di Bali. Kami senang bisa berkontribusi memilih tempat-tempat makan terbaik di Bali dengan cara obyektif,' ungkap Jed Doble, selaku founder dan publisher FoodieS pada temu media Rabu (3/10).

Dengan adanya 'Bali's Best Eats Award' akan mempermudah para foodies memilih restoran, kafe, bar terbak di Bali. Kecuali itu juga menjadi tantangan bagi pengusaha kuliner untuk menyajikan yang terbaik bagi konsumen. Bahkan bisa menjadi pemicu para chef untuk memenuhi standar kuliner internasional atau dunia.

'Bali's Best Eats' Kembali Mencari Tempat Makan Terbaik di BaliDewan Juri Bali's Best Eats. Foto: Bali's Bali Eats


Dalam penghargaan ini ada tiga kategori. Fine Dining , tempat makan yang akan mengerahkan upaya luar biasa untuk mencapai kesempurnaan rasa, presentasi, kreativitas, pelayanan, dan penataan meja. Upscale Dining. tempat makan yang tanpa lelah berupaya menyediakan pengalaman makan dengan konsep yang unik dan cerdas di tengah suasana yang menyambut. Terkahir Casual Dining, tempat makan yang melebihi lainnya dalam menawarkan makanan dan minuman yang bertema santai, hidup, dan sangat mudah diterima oleh semua.

Sedangkan untuk komposisi penilaian terdiri dari 50% untuk rasa, kreativitas dan eksekusi, 20% kualitas pelayanan, 20$ menu minuman dan daftar wine serta 10% desain interior.

Kriteria ini dipakai oleh para juri untuk memberikan penilaian untuk tempat makan yang pernah dikunjungi dalam 12 bulan terakhir. Penilaian dilakukan diam-diam. Hasil keseluruhan akan diseleksi tahap akhir sebelum diumumkan ke publik.

'Bali's Best Eats' Kembali Mencari Tempat Makan Terbaik di BaliFoto: Bali's Bali Eats


Sementara panel juri terdiri para ahli dengan beragam keahlian di bidang kuliner secara spesifik. Mereka adalah Yuda Bustara, Celebrity Chef, Janet de Neefe, Director Ubud Food Festival 3. Jed Doble, Publisher FoodieS, Sarah Dougherty, Food & Lifestyle Writer, Maya Kerthyasa, Food & Lifestyle Writer, Pierre Lang, Gourmand & Hotelier, Rinrin Marinka, Celebrity Chef, Dorian Pryce, F&B Professional dan Corine Tap, President Director, Aqua Danone.

Bali's Best Eats akan memilih 40 tempat makan terbaik di Bali dan penghargaan akan diberikan pada bulan Desember. Restoran, kafe dan rumah makan bisa mendaftarkan diri secara online sampai dengan tanggal 30 November 2019, melalui LLINK INI !



Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)