Master Chef Lin Lou Racik Hidangan Xiang yang Pedas Lezat di Jakarta

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 21 Sep 2019 18:00 WIB
Foto: Hotel InterContinental Jakarta Pondok Indah
Jakarta - Foodies Jakarta bisa mencicipi keunikan sajian Xiang dari provinsi Hunan, China yang pedas lezat. Diracik langsung oleh Master Chef Lin Lou dengan rasa aslinya.

Hidangan dari Canton dan Szechuan mungkin sudah Anda kenal karena populer di Indonesia. Tetapi buat penggemar rasa pedas, asam dan asin, hidangan khas Xiang dari provinsi Hunan, China Tengah patut Anda cicipi. Karena sengatan rasa cabai Hunan lebih menggigit nendang.

Kuliner Hunan yang berkembang sejak abad 17 sendiri dikenal dengan 3 gaya, Xiang, Dongling dan Hunan weatern Hunan. Cita rasa hidangan Hunan dengan ciri khas yang pedas, asam dan gurih.

Rasa pedas hidangan Hunan tidak seperti Szechuan yang didominasi rasa Szechuan peppercorn. Hidangan Hunan lebih kuat rasa cabai Hunan yang menggigit pedasnya dan dipadukan dengan rasa asam jeruk dan cuka sebagai penyeimbang.
Master Chef Lin Lou Racik Hidangan Xiang yang Pedas Lezat di JakartaFoto: Hotel InterContinental Jakarta Pondok Indah


Belum pernah mencicipi hidangan Xiang, Hunan? Atau penasaran dengan rasa pedasnya? Seorang Master Chef khusus hidangan Xiang. Lin Lou datang langsung ke Jakarta untuk memperkenalkan hidangan Xiang.

Mulai tanggal 19 September - 29 September 2019, chef Lin Lou akan menyajikan hidangan Xiang di 'Sugar & Spice yang ada di lantai 1 Hotel InterContinental Jakarta Pondok Indah. Beragam hidangan Xiang disajikan untuk menu buffet atau live cooking station.

Lin Luo, chinese Master Chef berpengalaman lebih dari 20 tahun dan menjadi Executive Sous Chef Hotel InterContinnetal Changsha, China. Ia juga pernah meraih 3 medali dalam kompetisi memasak /Spice Source' di provinsi Hunan.

Master Chef Lin Lou Racik Hidangan Xiang yang Pedas Lezat di JakartaFoto: detikfood
Sajian pembuka chef Lin Lou menyuguhkan Braised Egg and Mushroom in Chicken Borth, berupa irisan jamur hioko dengan bokchoy dan telur. disiram dengan saus kental khas Hunan yang punya rasa gurih dominan. Sementara teknik tim juga dikenal dalam kuliner Hunan. Seperti sup sapi bening dengan irisan daging iga yang lembut gurih.

Daging ayam diolah sang chef dengan gaya Dong an. Ditumis dengan bumbu gurih dan sentuhan cabai Hunan yang pedas menggigit. Cocok buat pencinta rasa pedas.
Master Chef Lin Lou Racik Hidangan Xiang yang Pedas Lezat di JakartaFoto: detikfood


Sementara ikan kerapu segar, ditim dengan mie telur yang lembut. Sebuah sajian dengan paduan unik. Cincangan cabai Hunan pun menjadi pelengkapnya. Lembut daging ikan dan mie telur menyatu dengan rasa pedas cabai.

Daging kambing yang jadi salah satu sajian khas Hunan berupa lamb rack (daging iga kambing dengan tulang), dimasak dengan adas dan rempah lain hingga empuk juicy. Dimasak dengan pan seared sehingga empuk renyah. Kemudian ditaburi cincang cabai Hunan yang pedas segar. Paduan yang juara lezatnya.
Master Chef Lin Lou Racik Hidangan Xiang yang Pedas Lezat di JakartaFoto: detikfood


Rasa pedas menyengat cabai dan rempah di lidah sangat menyegarkan. Makin sempurna ditutup dengan dessert khas Hunan. Berupa bola bola ketan mungil yang dimasak dengan air gula dan disajikan dengan potongan buah segar.

Anda bisa menikmati sajian Xiang, Hunan dalam menu prasmanan di 'Spice & Sugar' dengan harga Rp. 318.000++ per orang. Sebauh kesempatan langka yang sayang jika dilewatkan.






Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Mie Pedas ala Korea Bareng Marsha Aruan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com