Festival Kuliner Bogor Akan Digelar Akhir Tahun Ini

Sachril Agustin Berutu - detikFood Senin, 12 Agu 2019 15:00 WIB
Foto: (Afif/detikTravel) Foto: (Afif/detikTravel)
Bogor - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan mengadakan Festival Kuliner Bogor. Festival ini, diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir 2019 nanti.

"Saya ingin potensi kuliner yang selama ini terpendam di Kota Bogor, bisa terangkat melalui kemasan festival yang lebih kreatif, dan melibatkan teman-teman pelaku kuliner," kata Wali Kota Bogor Bima Arya, usai rapat Festival Kuliner Bogor, di Balai Kota Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (12/8/2019).

Baca Juga: 7 Tempat Makan Enak di Kawasan Bogor Permai Alias 'Boper'

Bima menambahkan, festival kuliner Bogor ini harus memiliki target yang jelas. Target dari festival ini, katanya, adalah warga DKI Jakarta.
Festival Kuliner Bogor Akan Digelar Akhir Tahun IniSoto Kuning. Foto: Instagram

Bima pun ingin agar semuanya dipersiapkan dengan matang. Namun, menurutnya, waktu dan di mana festival kuliner Bogor ini, belum diketahui.

"Sekitar September atau Oktober lah. Untuk tempat, di tempat yang nyaman. Jadi sekarang saya minta di update peta kuliner Bogor, yang legendaris, kekinian, milenial, semua di update, nanti di festivalkan secara meriah," imbuh Bima.

Plt. Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Kota Bogor Gozali mengatakan festival ini akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni dari Jumat sampai Minggu. Namun untuk tanggal pasti festival ini, belum diketahui.
Festival Kuliner Bogor Akan Digelar Akhir Tahun IniAsinan. Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

"Belum tau kapan dan di mananya festival kuliner Bogor ini, yang jelas di Bogor. Festival Kuliner Bogor ini berbasis pangan lokal. Nanti pada saat hari itu, kita menampilkan makanan tradisional. Saran beliau (Wali Kota Bogor Bima Arya), festival ini dikemas unik dan menghadirkan legenda-legenda kuliner Bogor," kata dia.

Ia menambahkan, akan ada kegiatan yang berbeda selama festival kuliner Bogor ini berlangsung. Di hari pertama, akan diadakan Olimpiade Halal, di mana, Pemkot Bogor akan mengundang anak sekolah se-Indonesia dengan kisaran peserta 2.000.

"Tujuannya untuk mensosialisasikan ke generasi milenial tentang produk-produk yang sudah bersertifikat halal. Apa sih makanan yang bersertifikat halal, seperti apa," lanjut Gozali.
Festival Kuliner Bogor Akan Digelar Akhir Tahun IniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Lalu Sabtu atau di hari kedua pada festival Kuliner Bogor, akan ada acara yang berisi tentang produk makanan yang bisa diolah tanpa memakai tepung beras atau terigu. Kegiatan di hari kedua ini bertujuan agar masyarakat tidak bergantung dengan terigu.

"Hari ketiga, kita bisa menangkap pasar yang paling banyak dan paling bagus, yaitu warga Jakarta. Orang Jakarta mau datang ke sini untuk mencicipi masakan legenda kota Bogor. Kalau di data saya, sementara ada 30 makanan legenda Bogor. Nanti akan diseleksi lagi," tutur Gozali.

Baca Juga: Pagi-pagi Enaknya Sarapan Doclang Murah dan Mantap di Jembatan Merah




Simak Video "Dari Kulineran hingga Finansial, Festival Halal Terbesar Digelar Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com