Ini Kelezatan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, Favorit Jokowi dan Jan Ethes

Devi Setya - detikFood Senin, 29 Jul 2019 16:40 WIB
Foto: instagram/Istimewa
Jakarta - Presiden Jokowi dan keluarga menghabiskan akhir pekan dengan bersantap ayam kampung goreng Mbah Karto di Solo. Ayam goreng empuk ini tersaji lengkap dengan sambal blondo.

Minggu (28/7) Presiden Jokowi bersama Iriana, Gibran, Selvi dan Jan Ethes memilih bersantai sambil santap siang dengan menu ayam kampung goreng. Warung yang disambangi kali ini adalah kedai Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel.

Tepat pukul 11.30, keluarga Jokowi tiba di kedai yang berlokasi di Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No. 8 Gabusan, Jombor, Sukoharjo. Dihubungi detikFood (29/7) Sri Sukarni selaku pemilik kedai mengiyakan kehadiran Jokowi di warungnya.

Lebih lanjut Sri menjelaskan keluarga Jokowi makan siang dengan menu ayam kampung goreng, karena memang warung ini hanya menyediakan satu varian menu. "Di sini cuma ada ayam goreng saja sama sambalnya," kata Sri ramah.
Ini Kelezatan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, Favorit Jokowi dan Jan EthesFoto: instagram/Istimewa

Baca juga : Ayam Goreng hingga Sate Kere, 5 Sajian Favorit Jokowi di Solo

Dengan nada bicara Jawa kental, Sri menjelaskan beberapa keunggulan ayam goreng racikannya. Gurih legit daging ayam kampung ini karena diolah dari ayam segar.

"Kami pakainya ayam kampung segar jadi habis disembelih langsung diolah, digoreng. Enggak pakai disimpan dalam kulkas," jelas Sri.

Untuk membuat daging ayam kampung empuk dan lezat, Sri menjelaskan proses memasaknya. Sebelum digoreng, ayam lebih dulu direbus dengan bumbu dan santan kelapa. Proses ini memakan waktu hingga 1,5 jam.

Setelah ayam empuk dan bumbu meresap, kemudian ayam diangkat dan digoreng hingga matang. Sementara bumbu santannya tetap dimasak hingga mengental dan menjadi hitam gelap. Sari dari santan inilah yang kemudian dijadikan sambal blondo.
Ini Kelezatan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, Favorit Jokowi dan Jan EthesFoto: instagram/Istimewa

"Santannya direbus terus sampai kental nanti kalau sudah kental baru bisa dibuat jadi sambal blondo. Rasanya gurih," jelas Sri.

Karakter rasa sambal blondo ini kombinasi antara manis dan gurih. Makin enak saat disantap dengan campuran sambal bawang yang pedas nendang. Ayam gorengnya disajikan utuh. Lengkap dengan ceker, hati dan ampela plus lalap tauge, mentimun dan daun kemangi.

Baca juga : Pulang ke Solo, Presiden Jokowi Ajak Keluarga Makan Soto Gading

Diakui Sri, Jokowi dan keluarga bukan sekali ini saja mampir ke warungnya. "Sudah langganan sejak sebelum menjabat walikota sampai jadi walikota, trus gubernur terus sekarang jadi presiden masih sering ke sini," jelas Sri.
Ini Kelezatan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, Favorit Jokowi dan Jan EthesFoto: instagram/Istimewa

Seingat Sri, pria asli Solo ini sudah 8 kali mampir ke warung ayam kampung goreng ini. "Selalu sama keluarga kalau makan. Kemarin Jan Ethes ikut makan juga," pungkas Sri.

Cucu pertama Presiden RI, Jan Ethes Srinarendra ini dalam berbagai kesempatan jika ditanya makanan favorit. Ia selalu menyebut ayam goreng Mbah Karto sebagai makanan favorit. Bukan ayam goreng fast food global yang ternama.

Jika ingin mencicipi ayam goreng khas ini bisa menuju rumah makan Ayam Goreng Kampung Mbah Karto di Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Gabusan, Jombor, Kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Atau tepatnya di depan PLN Sukoharjo.



Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)