Ini Cerita di Balik Kolaborasi Bisnis Chef Arnold-Gibran-Kaesang

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 20 Jul 2019 18:44 WIB
Foto: Instagram @mangkokku.id Foto: Instagram @mangkokku.id
Jakarta - Sore ini (20/7/2019), restoran besutan Chef Arnold Poernomo bersama Gibran dan Kaesang resmi dibuka. Seperti apa cerita tentang kolaborasi bisnis Mangkok Ku?

Seperti diketahui Mangkok Ku merupakan restoran yang menyajikan ragam kreasi rice bowl racikan milik sang juri MasterChef, Arnold Poernomo. Sebenarnya tidak banyak menu yang ditawarkan Mangkok Ku. Pilihannya hanya ada Mangkok Brisket Onion Sauce with Onsen Egg, Brisket Spicy Sauce, Ox-Tounge Dabu, Crispy Chicken, Fire Fried Chicken, dan Egg Sausage Mayo.

Awalnya Mangkok Ku dibentuk karena keinginan Chef Arnold untuk membuka lini bisnis kuliner baru. Sudah berteman lama dengan Gibran saat sama-sama kuliah di Australia, Chef Arnold akhirnya memutuskan untuk membuka sebuah bisnis kuliner bersama. Hal itu terbesit usai dirinya pergi ke Sydney, Australia tahun lalu.

Ini Cerita Dibalik Kolaborasi Bisnis Chef Arnold-Gibran-KaesangFoto: Instagram Arnold Poernomo


"Kenalnya (Gibran) udah lama. Nah, pas balik dari Sydney itu tahun lalu udah kepikiran. Yuk, bikin sesuatu tapi masih belum tahu mau bikin apa," ungkap Chef Arnold Poernomo pada detikFood (20/7/2019).

Usai tiga bulan menggodok ide bisnis baru, akhirnya Chef Arnold, Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep, dan Randy Julius memutuskan untuk membuat restoran 'Mangkok Ku'.

Baca juga:Resto Baru Bareng Kaesang-Gibran Disebut Tutup Sementara, Ini Kata Chef Arnold

Ini Cerita Dibalik Kolaborasi Bisnis Chef Arnold-Gibran-KaesangFoto: Instagram @mangkokku.id


"Kita mau bikin makanan. Tapi kita nggak mau bikin sesuatu yang nge-hype sebentar. Jadi kita bikin rice bowl yang bisa dinikmati semua orang untuk waktu jangka panjang," jelasnya.

Selain itu, kecintaan keempatnya pada nasi juga jadi salah satu alasan utama dibuatnya Mangkok Ku. "Karena kita semua pencinta nasi dan semua orang Indonesia makan nasi. Nah dari situ kita baru kembangkan," ungkap kakak Chef Reynold Poernomo itu.

Saat ditanya mengapa ada nama dua putra Presiden RI yang terlibat dalam pembuatan Mangkok Ku? Kepada detikFood Chef Arnold menjelaskan jika Kaesang ikut bergabung bukan karena adanya Ternakopi di Mangkok Ku. Justru Gibranlah yang mengajak sang adik untuk sama-sama membuat restoran rice bowl ini.

Ini Cerita Dibalik Kolaborasi Bisnis Chef Arnold-Gibran-KaesangFoto: dok.detikFood/Dewi Anggraini


"Kenapa kita masukin Ternakopi di sini, karena yaudah lah kalian masukin Ternakopi di Mangkok Ku. Karena waktu itu terlalu sibuk, belum kepikiran untuk beveragenya (minumannya)," pungkas Chef kelahiran Surabaya itu.

Sebelum grand launching, Mangkok Ku sudah lebih dulu mengadakan soft opening pertengahan Juni lalu. Saat itu Mangkok Ku berhasil mencuri perhatian penikmat kuliner.

Beberapa hari selama masa soft opening, restoran yang biasanya tutup pukul 10 malam itu terpaksa tutup lebih awal, yakni pukul 8 malam. Itu karena semua menu yang ada habis terjual.

Ini Cerita Dibalik Kolaborasi Bisnis Chef Arnold-Gibran-KaesangFoto: dok.detikFood/Dewi Anggraini


Saat itu, dalam sehari Mangkok Ku berhasil menjual sebanyak 550 porsi rice bowl. Sedangkan untuk dagingnya, per harinya Mangkok Ku menghabiskan sebanyak 35 kilogram brisket. Tak heran jika akhir tahun ini, Mangkok Ku sudah berencana akan membuka dua buah gerai baru di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Mangkok Ku: Mencicip Rice Bowl di Resto Chef Arnold-Kaesang-Gibran yang Hits

Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)