Label Halal Menghilang, Bolu Meranti Disorot Anggota DPRD Medan

Khairul Ikhwan Damanik - detikFood Jumat, 19 Jul 2019 15:01 WIB
Foto: Transmart Carrefour Foto: Transmart Carrefour
Medan - Isu label halal oleh-oleh khas Medan, Bolu Meranti, jadi sorotan anggota DPRD Kota Medan, Jumadi. Dia meminta pemilik bisnis mengurus sertifikasi halal produknya.

Jumadi menyatakan pihaknya mempertanyakan masalah kehalalan produk itu karena adanya laporan dari masyarakat. Pasalnya, label halal yang biasanya ada pada kemasan produk tersebut kini sudah tidak ada lagi.

"Kita meminta pengusaha untuk menyelesaikan masalah itu. Kabarnya masalah pada administrasi sehingga belum selesai perpanjangannya. Segeralah dibereskan supaya masyarakat tidak was-was," kata Jumadi kepada wartawan di Medan, Jumat (19/7/2019).

Label Halal Menghilang, Bolu Meranti Disorot Anggota DPRD MedanFoto: Khairul Ikhwan Damanik/dok. detikcom

Menurut politikus PKS tersebut, ihwal kehalalan ini sangat penting. Maka itu dia mewacanakan kemungkinan Komisi II DPRD Medan untuk memanggil pengusaha Bolu Meranti ini agar masalahnya menjadi jernih.

Bolu Meranti sebenarnya sudah pernah mendapatkan sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan. Ketua MUI Medan Prof Mohd Hatta menyatakan, produsen produk itu mendapatkan sertifikat halal untuk periode 2016-2018, namun tidak diperpanjang.

"Saya dengar diurus di LPPOM MUI Sumut. Bisa saja diurus di sana. Di Medan bisa, di Sumut bisa. Tidak ada masalah," kata Hatta.

Label Halal Menghilang, Bolu Meranti Disorot Anggota DPRD MedanFoto: Khairul Ikhwan Damanik/dok. detikcom

Hatta menilai produsen semestinya mengurus sertifikasi halal produknya secara sukarela. Dengan demikian tidak menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Agar konsumen juga mengetahui halal atau tidaknya produk tersebut.

Kendati tidak ada label halal, penjualan produk keluaran PT Cipta Rasa Nusantara itu di Medan tidak ada masalah. Di outlet Bolu Meranti Jalan Sisingamangaraja, Medan, ojek online antre untuk untuk mendapat berbagai varian produk tersebut.

Label Halal Menghilang, Bolu Meranti Disorot Anggota DPRD MedanFoto: Khairul Ikhwan Damanik/dok. detikcom

Manager PT Cipta Rasa Nusantara, Tomy menyatakan, mereka memang sudah menanggalkan label halal dari kemasan produknya sejak tahun lalu. Sejak tidak ada perpanjangan sertifikat halal itu.

"Saat ini kita sedang mengurus administrasinya di MUI Sumut, berkas sudah lengkap semua. Kita masih menunggu prosesnya. Sampai kapan selesai, kita tidak tahu. Kewenangan itu ada pada mereka," kata Tomy.

Disebutkan Tomy, pihak Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan juga sudah mendatangi mereka, dan sudah dijelaskan tentang masalah sertifikasi halal ini.



Simak Video "Mumer! Warna-warni Manisan Asinan di Pajak Rame "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)