Cicipi Sego Tempong, Menteri Rini: Pedasnya Dahsyat

Ardian Fanani - detikFood Rabu, 17 Jul 2019 18:00 WIB
Foto: dok.detikFood/ Ardian Fanani Foto: dok.detikFood/ Ardian Fanani
Banyuwangi - Dalam lawatannya ke Banyuwangi, Menteri BUMN Rini Soemarno mencicipi kuliner Sego Tempong. Kuliner khas Banyuwangi yang dikenal pedas ini membuat Rini kepanasan.

Menteri Rini mencoba kuliner Sego Tempong di Warung Mbok Wah, di Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Rabu (17/7/2019).

"Waah Mantap sekali. Pedasnya dahsyat. Rasanya sangat beda dengan masakan lainnya," ujarnya usai menyantap makanan.

Cicipi Sego Tempong, Menteri Rini: Pedasnya Dahsyat Foto: dok.detikFood/ Ardian Fanani


Kuliner khas bercita rasa pedas ini disajikan bersama seporsi nasi, aneka sayur macam kemangi, kenikir, rebusan bayam, bersiramkan sambal pedas nan menggugah selera. Saat disuguhkan, sego tempong kian sempurna disantap bersama tempe, tahu, ayam goreng dan bakwan jagung. Bisa juga ditambah lauk pauk sesuai dengan selera.

Sebelumnya Menteri BUMN Rini Soemarno terlihat bingung dengan banyaknya lauk pauk yang tersedia. Satu persatu lauk pauk yang berjejer di meja diamati dengan teliti. Menteri Rini kemudian memilih telur bumbu cit (khas Banyuwangi) dan ikan laut goreng.

Cicipi Sego Tempong, Menteri Rini: Pedasnya Dahsyat Foto: dok.detikFood/ Ardian Fanani

"Saya tidak pakai nasi. Sayur aja jangan banyak-banyak. Ikannya ini (telur) dan itu (ikan laut goreng)," ujarnya kepada penjual.

Diakui Menteri Rini, sensasi makan Sego Tempong Banyuwangi itu memang harus berani. Sebab Sego Tempong yang terdiri dari sayuran, lauk pauk dan sambal yang sangat pedas menyengat.

Cicipi Sego Tempong, Menteri Rini: Pedasnya Dahsyat Foto: dok.detikFood/ Ardian Fanani

"Kalau makan ini harus berani kepanasan di mulut. Tapi mantap banget," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Rini Soemarno melakukan kunjungan di lokasi pembangunan pabrik PT INKA di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Selanjutnya, Menteri Rini juga melakukan penandatangan MOU dengan beberapa sekolah vokasi untuk mendukung SDM pabrik Kereta Api di Banyuwangi ini.



Simak Video "Tawon Endhas Jadi Olahan Lezat Warga Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)