Dubes Jepang Masafumi Ishii : Saya Suka Semua Makanan Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 09 Jul 2019 11:16 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Dubes Jepang, Masafumi Ishii jadi populer. Ini karena ia gemar menggunggah aneka makanan tradisional yang dinikmatinya di akun Instagramnya.

Meski baru dua tahun menjabat sebagai Duta Besar Jepang untuk Indonesia, tapi Masafumi Ishii sudah memiliki banyak penggemar. Ia menarik hati para netizen dengan kebiasaannya mengunggah menu makan siang khas Indonesia, dengan posenya yang lucu.

Baca Juga: Potret Seru Gaya Kulineran Dubes Jepang yang Hobi Cicip Makanan Indonesia
Dubes Jepang Masafumi Ishii : Saya Suka Semua Makanan IndonesiaFoto: dok. detikFood
"Saya suka sekali makan. Jadi salah satu hobi saya adalah mencoba makanan khas Indonesia. Saya juga senang jalan-jalan di Indonesia, karena setiap kotanya memiliki banyak makanan khas," jelas Masafumi kepada detikFood, saat ditemui di Kedutaan Besar Jepang, Jakarta (04/07).

Diplomat berusia 61 tahun ini mengungkapkan bahwa banyak kesamaan antara kuliner Indonesia dan Jepang, sehingga membuatnya suka menyantap berbagai makanan tradisional di sini.

"Menurut saya antara makanan Indonesia dan Jepang itu memiliki banyak persamaan. Ada keseimbangan antara nasi, sayur, dan daging. Di Jepang ada makanan namanya 'Campur', itu masakan daging dan sayuran yang ditumis bersamaan. Saya rasa asal-usul makanan tersebut datang dari bahasa Indonesia," lanjutnya.
Dubes Jepang Masafumi Ishii : Saya Suka Semua Makanan IndonesiaFoto: Instagram @jpnambsindonesia
Selain memperkenalkan budaya Jepang dan membangun relasi di Indonesia, Masafumi juga punya cara unik untuk menggaet warga Indonesia agar merasa lebih dekat dengannya. Salah satunya dengan rutin membagikan menu makan siangnya di Instagram miliknya @jpnambsindonesia.

"Sebenarnya saya tidak berpikir akan sejauh ini. Salah satu alasan saya mengunggah foto makan siang di Instagram, agar masyarakat Indonesia merasa lebih dekat dengan Jepang. Saya juga ingin masyarakat Indonesia memahami, bahwa makanan Indonesia itu disukai di Jepang," ungkap diplomat yang berasal dari Hiroshima tersebut.

Untuk mempersiapkan menu makan siang khas Indonesia yang berbeda setiap harinya, Masafumi tak sendirian. Ia dibantu oleh tim protokolnya, yang bertugas memilih makanan apa yang akan ia makan, termasuk untuk caption di Instagram.

Meski begitu Masafumi mengaku bahwa ia sering berdiskusi dalam pemilihan menu makan siang, hingga posenya di depan makanan bersama timnya sebelum diunggah ke Instagram. Seringkali mereka memilih menu makan siang lewat rekomendasi yang disarankan netizen di kolom komentar, banyak juga masukan dan kritik yang diterimanya.

Dubes Jepang Masafumi Ishii : Saya Suka Semua Makanan IndonesiaFoto: Instagram @jpnambsindonesia
"Waktu awal-awal saya unggah makanan saya di Instagram, saya selalu menyisakan sambal, tapi setelah itu ditegur netizen, kenapa sambalnya tidak dihabiskan. Akhirnya sekarang saya coba makan semua sambal hingga habis, dan dapat komentar positif," sambungnya sambil tertawa.

Untuk makanan Indonesia yang paling disuka, Masafumi mengatakan bahwa dia suka semua hidangan khas Indonesia. Sulit baginya untuk memilih satu makanan yang digemarinya.

"Saya juga suka makanan di setiap daerah. Misalnya kalau saya pergi ke Surabaya, saya sukanya makan rawon. Kalau ke Jogja, saya makan gudeg. Lalu kalau di Sumatera Barat, saya suka makanan Padang." jelasnya.
Dubes Jepang Masafumi Ishii : Saya Suka Semua Makanan IndonesiaFoto: Dubes Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi (Instagram @jpnambsindonesia)

Terakhir Masafumi menambahkan bahwa masih banyak makanan Indonesia yang belum dia coba, dan dia berencana untuk mencicipinya satu per satu. Baginya komentar dan dukungan dari warga Indonesia di Instagramnya, merupakan semangat untuknya dan tim dalam mencari makanan Indonesia lainnya.

Kini akun Instagramnya sudah memiliki lebih dari 71 ribu followers, dan lebih dari 263 unggahan berisi makanan Indonesia seperti soto tangkar, mie ayam, bihun kangkung, hingga nasi kucing.

Baca Juga: Ikut Lebaran, Dubes Jepang Asyik Makan Ketupat hingga Toge Goreng

(sob/odi)