Pecinta Mie Bisa Cicipi Mie Aceh Gratis di Festival Mie Aceh

Agus Setyadi - detikFood Senin, 17 Jun 2019 17:50 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Banda Aceh - Mi Aceh jadi salah satu kuliner favorit wisatawan saat berkunjung ke Tanah Rencong. Jika sedang berada di Serambi Mekkah, nikmati beragam jenis dan rasa mi di festival ini.

Untuk memperingati hari jadi Kota Banda Aceh ke-814, ibu kota Provinsi Aceh menggelar Festival Mie Aceh 2019. Acara yang berlangsung hingga Selasa (18/6/2019) besok ini digelar di Lapangan Blang Padang.

Festival yang digelar sejak Sabtu (15/6) kemarin menghadirkan 20 stand yang menyajikan beragam mie dari brand ternama di Aceh. Setiap harinya, panitia festival menyediakan 100 piring mi untuk dibagikan gratis kepada pengunjung.
Pecinta Mie Bisa Cicipi Mie Aceh Gratis di Festival Mie AcehFoto: dok. detikFood

Acara yang dibuka Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman ini berlangsung sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Selain menyediakan mi, di sana juga ada stand khusus bumbu dan beberapa produk UMKM.

Wali Kota Aminullah mengaku ingin menjadikan mi Aceh terkenal hingga ke tingkat dunia. Saat ini, mi Aceh sudah menjadi salah satu kuliner nusantara.

"Di level nasional, Mie Aceh sudah sangat dikenal dan pas di lidah masyarakat Indonesia. Dan kini saatnya membawa Mie Aceh ke level yang lebih tinggi, menjadi selera dunia," kata Aminullah, Senin (17/6/2019).

Lewat Festival Mi, Pemko Banda Aceh ingin memperkenalkan beragam rasa mie Aceh kepada wisatawan. Pelancong yang berkunjung ke event tahunan ini juga dapat melihat dari dekat proses memasak mi.

Aminullah berharap para penjual agar selalu menjaga kualitas dan cita rasa mi Aceh yang bumbunya kaya rempah-rempah. "Jauhi juga penggunaan zat bahaya seperti formalin dan borak. Kemudian berikan pelayanan terbaik kepada setiap pengunjung," pesannya.

Pecinta Mie Bisa Cicipi Mie Aceh Gratis di Festival Mie AcehFoto: detikfood

Menurut Aminullah, Festival Mi yang digelar tersebut dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Banda Aceh. Hal ini juga berdampak terhadap pergerakan roda ekonomi masyarakat.

Selain itu, di festival juga diisi dengan atraksi budaya. "Nanti pas malam terakhir bertepatan dengan resepsi HUT kota, kita akan suguhkan konser islami dengan menghadirkan Nissa Sabyan," terang Aminullah.

(dvs/odi)