Makan Malam di Yogyakarta Jokowi dan Keluarga Pilih Nikmati Sate Gembus

Pradito Rida Pertana - detikFood Minggu, 09 Jun 2019 08:01 WIB
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Presiden Jokowi beserta keluarga menyempatkan makan malam di Waroeng Klangenan Jumat (7/6/2019). Apa saja makanan dan minuman yang dinikmati Jokowi?

Seperti diunggah oleh Presiden Joko Widodo di akun Instagram dan Twitternya, Jum'at malam sebelum kembali ke Solo, ia mengajak keluarga bersantap di Waroeng Klangenaan Yogyakarta.

'Malam di Yogyakarta menikmati sate gembus bersama keluarga di Warung Klangenan. Di warung ini Anda dapat memanggang sendiri sate pada tungku di atas meja. Kami berbagi tugas. Saya merekam, Ibu Iriana menyantap sate, Kaesang yang mengipasi bara apinya.'


Makan Malam di Yogyakarta Jokowi dan Keluarga Pilih Nikmati Sate GembusFoto: Instagram @Jokowi

Pemilik Waroeng Klangenan, Thomas Sukawan Aribowo (54) menceritakan, bahwa Jokowi beserta keluarga tiba di warung makan yang berlokasi di Jalan Patangpuluhan No.28, Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta pukul 19.30 WIB. Sesampainya di Waroeng Klangenan, Jokowi dan keluarga memesan beberapa makanan dan minuman.

"Tadi malam (Jumat 7/6/2019) beliau (Jokowi) datang jam setengah 8 (malam), dan di sini (makan di Waroeng Klangenan) sampai jam 9 malam. Beliau menikmati beberapa sajian kita, terutama memilih sajian yang tradisional-tradisional," ujarnya saat ditemui detikcom di Waroeng Klangenan, Sabtu (8/6/2019) malam.

Makan Malam di Yogyakarta Jokowi dan Keluarga Pilih Nikmati Sate GembusThomas Sukawan Aribowo, pemilik Waroeng Klangenan. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Pria murah senyum ini menjelaskan, menu makanan dan minuman yang ada di Waroeng Klangenan hampir mirip dengan menu angkringan. Penyajiannya dengan sistem prasmanan, sehingga pengunjung dapat memilih langsung makanan yang akan disantap.

Sedangkan untuk minuman, Waroeng Klangenan menyediakan 50 jenis minuman baik dari minuman tradisional hingga minuman modern seperti cappucino. Tak hanya itu, Waroeng Klangenan juga menyediakan panggangan dan bumbu bakar di setiap meja pengunjung.

Makan Malam di Yogyakarta Jokowi dan Keluarga Pilih Nikmati Sate GembusSuasana homey Waroeng Klangenan yang sederhana. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Untuk makanan yang dipesan pak Jokowi tadi malam seperti sate gembus, sate usus, tahu, tempe dan beberapa bungkus nasi kucing. Nasi kucing yang kami sajikan dibungkus daun pisang terus dibakar," ucapnya.

"Terus untuk minuman yang dipesan beda-beda pilihannya, tapi semuanya minuman tradisional. Seperti Kaesang pesan beras kencur, mas Gibran pilih teh, bu Iriana dan pak Jokowi milih wedang klangenan. Wedang klangenan itu ramuan rempah-rempah dan jahe," imbuh Thomas.

Lebih lanjut, pria yang berprofesi sebagai karyawan swasta ini menjelaskan, untuk harga makanan yang dipesan oleh Jokowi dan keluarga sangat terjangkau. Seperti halnya sate gembus, harganya Rp 1.000 per tusuk, sedangkan untuk harga minuman dari harga Rp 4 ribu hingga yang paling mahal Rp 8.500.

Makan Malam di Yogyakarta Jokowi dan Keluarga Pilih Nikmati Sate GembusAneka menu angkringan yang bisa dipilih sendiri. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Sate gembus atau sate kere itu sebetulnya sisanya dari membuat tahu, ampas tahu gitu, dan itu (sate gembus) memang disukai, makanan rakyat banget dan harganya murah," kata Thomas.

Gembus merupakan ampas tahu yang difermantasi menjadi tempe. Karenanya teksturnya sangat halus, kenyal dan harganya sangat murah. Biasanya dibumbu bacem agar lebih terasa enak.

Menurut pria asli Solo, Jawa Tengah ini, usai makan malam di Waroeng Klangenan, Jokowi sempat menyapa para pengunjung. Bahkan, Jokowi dengan sabar melayani permintaan swafoto.

"Jadi setelah itu (makan), pak Jokowi sempat melayani permintaan selfie para pengunjung yang sudah menunggu di luar warung. Selain itu hampir semua orang yang minta selfie dilayani pak Jokowi dengan sangat sabar," katanya.

Selain melayani permintaan swafoto, kata Thomas, Jokowi sempat membagikan bingkisan kepada beberapa pengunjung. Bingkisan itu berupa sarung. Thomas menambahkan, bahwa sebetulnya ia sudah mengenal keluarga Jokowi dari beberapa acara yang dihadirinya, khususnya saat silaturahmi setelah lebaran.

Makan Malam di Yogyakarta Jokowi dan Keluarga Pilih Nikmati Sate GembusSuasana Waroeng Klangenan di malam hari. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Selain itu, ketika menghadiri sebuah acara, ia sempat bercerita mengenai warung makan miliknya di Yogyakarta kepada Iriana. Saat itu, Iriana Joko Widodo tertarik untuk mengunjunginya, mengingat beberapa rekan Iriana ternyata sudah banyak yang mengunjungi Waroeng Klangenan.

"Dan saat keluarga pak Jokowi ke Yogyakarta, malam sebelumnya (Rabu 6/6/2019 malam) itu Paspampres sudah survei ke sini, dan siangnya sudah menguji makanan yang akan disajikan dan hasilnya oke. Saya dengar rumor kalau Jumat siang ibu Iriana mau berkunjung ke sini, tapi ternyata tidak jadi," ucapnya.

"Tenyata malamnya malah suprise, suprisenya begini, karena saya kan lebih kenal bu Iriana dan saya pikir hanya bu Iriana yang datang, ternyata pak Jokowi keluar dari mobil dan cucu beliau juga ikut, itu surprise sekali, nggak nyangka saya. Nggak nyangkanya kok masih mau mengunjungi tempat makan yang sangat sederhana ini," ujarnya.

"Saat pak Jokowi datang, saya sempat matur (menyampaikan) 'maaf pak cuma angkringan biasa', dan pak Jokowi malah bilang 'tidak apa-apa'," imbuh Thomas.

Menurut Thomas karena keluarga Jokowi memang menyukai tempat makan yang sederhana dan menyajikan masakan-masakan rumahan khas Jawa. Terlebih. Alasan lain Jokowi mau mengunjungi Waroeng Klangenan mungkin karena tadi malam memiliki waktu luang.

(odi/odi)