Persediaan Selai Nutella di Mancangera Terancam Krisis

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 06 Jun 2019 12:38 WIB
Foto: Foodbeast/McDonald's
Paris - Berita buruk buat pencinta selai cokelat hazelnut Nutella. Aksi mogok buruh di Prancis mengancam produksi selai ini untuk sebagian negara di dunia.

Sebuah perusahaan yang memproduksi Nutella di Prancis biasa memasok seperempat permintaan dunia. Namun dengan adanya aksi mogok buruh, produksi Nutella turut terancam.

Dilansir metro (5/6) aksi mogok ini menyebabkan stok bahan baku menipis dan sejumlah mesin tak bisa berproduksi. Padahal setiap hari diproduksi 600.000 botol Nutella untuk dikirim ke berbagai negara.


Persediaan Selai Nutella di Mancangera Terancam KrisisFoto: iStock

Aksi mogok ini sudah seminggu berlangsung dan melibatkan 150 pekerja dari 400 pekerja. Pekerja yang mogok sejak seminggu lalu itu meuntut 4.5% kenaikan upah dan bonus 900 euro untuk bonus. Sementara perusahaan telar menawarkan kenaikan 0.4%.

Saat ini produk selai Nutella hanya 20% saja. Sementara Kinder Surprise yang juga diproduksi di tempat yang sama sudah berhenti selama seminggu.

Persediaan Selai Nutella di Mancangera Terancam KrisisFoto: DW (News)

Seperti diketahui selai cokelay hazelnut Nutella diproduksi oleh Ferrero, sebuah perusahaan keluarga Italia sejak tahun 1945. Kini perusahaan ini menjadi perusahaan ketiga terbesar di dunia yang memproduksi cokelat dan permen cokelat.

Meski demikian, Ferrero produsen Nutella juga megalami tantangan sulit. Seperti pemakaian minyak sawit pada produknya. Minyak ini disebut berkontribusi besar pada perusakan hutan yang berakibat buruk pada perubahan iklim global.




Simak Juga 'Hairstylist Ini Gunakan Nutella dan Susu Kental Manis untuk Warnai Rambut':

[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)