Ini Kupat Tahu Langganan Ani Yudhoyono di Magelang

Eko Susanto - detikFood Senin, 03 Jun 2019 08:16 WIB
Foto: Dok. Tahu Pojok Magelang Foto: Dok. Tahu Pojok Magelang
Magelang - Mendiang Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dikenal suka makanan tradisional. Salah satunya kupat tahu Magelang yang jadi favoritnnya.

Kupat tahu langganan keluarga SBY tersebut adalah Tahu Pojok Magelang di Jalan Tentara Pelajar Kios No 14. Warung kupat tahu bercat hijau ini memang jadi favorit banyak pejabat dan selebriti Indonesia saat berkunjung ke Magelang.

Pemilik Tahu Pojok, Kuntari (61) mengatakan, Bu Ani datang bersama rombongan sekitar tahun 2015 dan 2017. Ketika itu, Bu Ani datang bersama SBY dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

"Kalau nggak salah tahun 2015 dan 2017. Yang dahar di Tahu Pojok, Bu Ani bersama Pak SBY dan Mas Ibas," katanya saat dihubungi, Minggu (2/6/2019). Seingat Kuntari, bertemu langsung dengan Ani Yudhoyono sebanyak dua kali di Tahu Pojok Magelang. Sedangkan untuk SBY sendiri telah lima kali mengunjungi Tahu Pojok Magelang, ini.


Ini Kupat Tahu Langganan Ani Yudhoyono di Magelang Tampilan warung kupat tahu Pojok yang nyaris tak berubah sejak puluhan tahun. Foto: Eko Susanto/detikcom)


"Saya yang ketemu langsung sudah dua kali. Sebelumnya, saya nggak tahu waktu yang tiga kali nggak ikut melayani karena masih di dinas di kabupaten. Tahun itu (2017), bisa ikut melayani," tutur Kuntari yang juga penerus generasi ketiga Tahu Pojok.

"Pak SBY sudah lima kali ke Tahu Pojok. Sebelum jadi presiden sebanyak 3 kali, setelah selesai 2 kali. Dulu waktu jadi presiden, kalau Pak SBY ada acara di Akmil, kupat tahu dipesan dibawa ke Akmil. Jadi, Pak SBY memang kesukaannya kupat tahu," kata Kuntari.

Ini Kupat Tahu Langganan Ani Yudhoyono di Magelang Suasana di dalam warung yang sederhana namun nyaman. Foto: Eko Susanto/detikcom)

Warung Kupat Tahu Magelang Pojok ini merupakan warung kupat tahu legendaris yang dirintis sejak 1943. Sajian kupat tahu di sini sangat sederhana seperti tampilan warungnya yang hanya dilengkapi meja dan kursi kayu saja.

Tahu putih digoreng langsung dan diracik dengan bumbunya yang digerus langsung di atas piring saji. Berupa kacang tanah, cabai rawit dan bawang putih. Kemudian diberi kuah yang terbuat dari gula merah dan kecap manis.

isiannya berupa tahu, ketupat, tahu goreng, kol, tauge dan ditaburi bawang goreng. Ada bakwan sayuran, aneka kerupuk dan rempeyek yang bisa dinikmati sebagai pelengkapnya.

Ini Kupat Tahu Langganan Ani Yudhoyono di Magelang Ini kupat tahu yang diracik saat dipesa, Segar, pedas gurih dan enak! Foto: Eko Susanto/detikcom)

Kuntari sendiri mengetahui Ani Yudhoyono meninggal dari grup whatsapp alumni SMP 1. Atas meninggalnya Ani Yudhyono, Kuntari pun ikut berduka cita.

"Kami sekeluarga ikut berduka cita atas meninggalnya Ibu Ani Yudhoyono, semoga beliau meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan diterima segala amal ibadahnya waktu masih hidup serta diampuni segala dosa-dosanya dan diberikan tempat terindah di sisih Allah," tuturnya.

(odi/odi)