Kecap ABC Ajak Para Suami Sejati Bantu Istri Memasak Sahur

Robi Setiawan - detikFood Sabtu, 01 Jun 2019 12:01 WIB
Foto: Kecap ABC Foto: Kecap ABC
Jakarta - Setiap Ramadhan, istri adalah yang terakhir tidur dan yang pertama bangun untuk memasak sahur. Sebaliknya, suami tidur selama 30-45 menit lebih lama dari istri. Oleh karena itu di momen Ramadhan ini Kecap ABC meluncurkan kampanye 'Suami Sejati Masak Sahur'.

Kecap ABC pun mengutip studi HILL ASEAN 2018, yang menunjukkan Indonesia adalah salah satu negara, yang mana lebih dari 75% tugas rumah tangga dibagi antara suami dan istri. Sebuah bentuk sejati kesetaraan gender.


Sayangnya penelitian yang sama pula menunjukkan bahwa pembagian ini paling rendah dalam hal memasak, dengan kurang dari 3 dari setiap 10 suami membantu seorang istri di dapur. Secara sederhana dapat dikatakan, terdapat kesetaraan gender, tapi tidak di dapur.

Lewat program ini Kecap ABC mendorong suami untuk mulai memasak sahur, sebagai cara mendukung dan menghargai istri mereka. Sebagai merek memasak sehari-hari yang digunakan oleh 1 di setiap 2 rumah tangga di Indonesia, Kecap ABC percaya bahwa merek ini memiliki tanggung jawab untuk mendorong kesetaraan gender di dapur.

"Kecap ABC adalah merek untuk para ibu, dan memiliki tanggung jawab untuk mengutamakan ibu. Tetapi Kecap ABC juga memahami bahwa yang penting bagi para suami adalah mengutamakan istri mereka dengan memperlakukan mereka secara setara, termasuk di dapur," kata Head of Marketing and R&D Southeast Asia Kraft Heinz Dhiren Amin dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5/2019).

"Kampanye ini adalah langkah pertama menuju pencapaian itu, dengan menyuruh para suami untuk membantu, sementara Kecap ABC membantu mereka dalam memasak makanan lezat," sambungnya.

Kecap ABC Ajak Para Suami Sejati Bantu Istri Memasak SahurFoto: Kecap ABC


Menurutnya Kecap ABC percaya para ibu harus mendapatkan penghargaan yang layak mereka dapatkan, yang hanya bisa berasal dari tindakan nyata, misalnya seperti membantu di dapur, terutama selama Ramadhan.

Melalui 'Pasukan Suami Sejati Masak Sahur' pada Ramadhan ini, Kecap ABC mendorong para suami untuk memasak sahur untuk istri mereka sebagai tanda penghargaan, dengan resep sahur pertama yang menjamin makanan enak, dan membuktikan para suami pun bisa memasak.

Inti dari kampanye ini adalah sebuah aksi yang diilustrasikan oleh 'Pasukan Suami Sejati Masak Sahur', mengenakan celemek ABC dan drum yang tergantung di leher mereka. Kemudian mereka berjalan menyusuri jalan untuk membangunkan lingkungan dengan nyanyian Suami Sejati Sahur Kecap ABC.

"Sahuur, Sahuuur. Sahuur, Sahuuur. Bangun Suami Sejati. Bantu istrimu memasak Sahur"

Para suami yang penasaran pun mulai turun dari rumah mereka bergabung ke pasukan. Dengan dorongan, mereka pun mulai melangkah ke area memasak untuk memasak resep sahur yang mudah bagi istri mereka. Resep ini bisa dengan mudah didapat dan dipelajari di laman resmi Akademi Suami Sejati.

Lebih lanjut, Kecap ABC juga telah melakukan kegiatan sahur di Masjid Jami At-Taubah, Depok, pada hari Sabtu 18 Mei, dan Masjid Al-Murabi, Bandung, pada hari Minggu 19 Mei, yang mana para suami berbaris kemudian menyanyikan lagu Suami Sejati Sahur Kecap ABC.

Dipimpin oleh Chef Gerry Girianza, lebih dari 40 suami dipandu untuk memasak resep sahur yang mudah, dan membantu mereka menjadi suami sejati yang memasak.

Yuk, para suami sejati, kunjungi laman resmi Akademi Suami Sejati, mulai bantu istri dengan masak masakan yang mudah dan lezat untuk sahur. Kunjungi www.akademisuamisejati.com untuk informasi selengkapnya. (mul/mpr)