Banjir Pelanggan, Omzet Penjual Kue Kering Lebaran Ini Naik 3 Kali Lipat!

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 25 Mei 2019 11:33 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Sudah ada lebih dari 20 tahun di Pasar Jatinegara, toko kue ini hadirkan puluhan jenis kue kering. Karena murah dan enak, toko itu tak pernah sepi pengunjung.

Dari sekian banyak toko kue di bagian basement Pasar Jatinegara, ada satu toko kue yang dikerubuti banyak pembeli. Menempati dua bangunan kios, toko bernama 'Suka Hati' atau juga dikenal dengan nama 'Marvel' ini menyediakan puluhan jenis kue kering.

Banjir Pelanggan, Omzet Penjual Kue Kering Lebaran Ini Naik 400 Kali Lipat!Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Pihaknya bahkan sengaja menempelkan sebuah pamflet berisi jenis-jenis kue yang dijual pada bagian sisi toko. Kue klasik Lebaran seperti nastar, kastengel hingga putri salju dan sagu keju sudah pasti tersedia di sini.

Namun Anda juga bisa membeli nastar bulger, nastar gulung, donat mede, mede wijen, brownies mede, sagu keju, Oreo strip, square cheese, cokelat keju almond hingga cokelat pita. Serta puluhan camilan gurih lainnya.

Adalah Marvel, pria yang ada dibalik kesuksesan toko 'Suka Hati'. Berdasarkan penuturannya, 'Suka Hati' sudah dibuka lebih dari 20 tahun. Tak heran kalau toko kue itu sudah punya banyak pelanggan tetap.

Baca juga: Mahal Banget! Harus Merogoh Kocek Hingga Rp 1 Juta Kalau Mau Beli Kue Lebaran Ini

Banjir Pelanggan, Omzet Penjual Kue Kering Lebaran Ini Naik 400 Kali Lipat!Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Lonjakan pembeli bahkan membuat Marvel membuka tokonya lebih awal membuka. Jika biasanya toko baru dibuka pukul 9 pagi, kini ia memilih untuk membuka toko sejak pukul setengah 7 pagi.

Kebanjiran pembeli selama Ramadan juga membuat omzetnya naik drastis. "Semenjak awal puasa, penjualan kita sudah mulai meningkat. Makin ke sini, meningkatnya semakin drastis," jelasnya saat ditemui tim detikFood (23/5/2019).

Pria ramah itu bahkan mengungkap jika omzetnya meningkat hingga beberapa kali lipat. "Meningkat bisa 300 sampai 400 persen dari biasanya. Jauh, meningkatnya jauh sekali. Biasanya kita sepi, sekarang kan pengin Lebaran, semua butuh kue. Jadi otomatis omzet meningkat drastis," papar pria berusia 50 tahun itu.

Omzet itu didapat dari banyaknya peminat kue kering dan camilan gurih yang ia jual. Sebagai gambaran, Marvel pun membeberkan kue jenis apa yang paling banyak dicari pelanggannya. Pengusaha kue kering itu menjelaskan, "Nastar, kastengel, putri salju, samosa, sumpia, pastel, kacang Thailand, kacang atom, kacang Medan, sus cokelat, gabus keju, itu peminatnya banyak sekali."

Banjir Pelanggan, Omzet Penjual Kue Kering Lebaran Ini Naik 400 Kali Lipat!Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Sebenarnya Marvel sudah tahu akan ada lonjakan pembeli selama bulan Ramadan. Untuk itu, ia menambah jumlah pekerja sebanyak dua kali lipat dibanding hari biasanya. Meski begitu, pria yang akrab disapa 'Koh Marvel' itu mengaku masih kewalahan dalam melayani pembeli.

Harga yang cukup ramah hingga kualitas yang bersaing jadi keistimewaan 'Suka Hati'. Semua kue keringnya dijual seharga Rp 130 ribu hingga Rp 140 ribu per kilogram. Sedangkan camilan gurih populer seperti samosa dan sumpia dibanderol Rp 65 ribu per kilogram.

Jika ingin berburu kue kering Lebaran, tidak ada salahnya datang ke toko yang memproklamirkan diri sebagai distributor makanan ringan ini. Toko yang terletak di blok BKS no 216-217, Pasar Jatinegara ini dibuka setiap hari selama bulan Ramadan. Selamat berbelanja!

Baca juga: Belanja Kastengel Online Dengan Harga Rp 100 Ribu Ada di Sini (dwa/odi)