Kue Lebaran Enak

Mau Beli Kue Kering dan Camilan Kiloaan, Mampir Saja ke Sini

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 24 Mei 2019 19:20 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Sebelum berburu kue kering di Pasar Jatinegara, ada baiknya Anda mengetahui kisaran harganya. Sebab nastar, kastengel hingga putri salju dijual kiloan di sana.

Pemburu kue kering kiloan pasti sudah tak asing lagi dengan para penjaja kue kering di bagian basemant Pasar Jatinegara. Lokasinya yang strategis hingga harga yang cukup ramah di kantong jadi alasan mengapa banyak warga berburu kue kering di sana.

Mau Beli Kue Kering dan Camilan Kiloaan, Mampir Saja ke SiniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Anda bisa membeli kue kering secara kilo an baik untuk konsumsi pribadi atau pun dijual kembali. Saat tim detikFood menyambangi bagian basement pasar, wilayah penjaja kue kering cukup ramai pembeli.


Puluhan jenis kue kering hingga camilan manis tertata rapi di dalam etalase kue dari kaca besar hingga plastik toples ukuran hampir 4 kilogram. Aturan pemesanannya, para pembeli hanya perlu menunjuk kue dan camilan yang diingingkan beserta jumlah yang diinginkan. Lalu sang pelayan toko akan sigap menimbang dan memasukkan kue ke dalam plastik bening.

Mau Beli Kue Kering dan Camilan Kiloaan, Mampir Saja ke SiniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Soal harga, rata-rata para penjaja kue menjual kue kering klasik dengan harga yang serupa. Satu kilogram kue nastar, kastengel hingga putri salju dibanderol antara Rp 135 ribu hingga Rp 145 ribu per kilogram.

Ada pula yang menjual putri salju kualitas premium sebesar Rp 160 ribu per kilogram. Sagu keju yang renyah dan punya banyak peminat pun dibanderol dengan harga yang cukup beragam. Untuk kualitas biasa, rata-rata dijual Rp 140 ribu per kilogram. Sedangkan kualitas premium berkisar antara Rp 145 ribu hingga Rp 190 ribu.

Selain dijual eceran, para pedagang juga menyediakan kue kering kemasan. Harga satu toples kue kering dengan berat sekitar setengah kilogram biasa dijual seharga Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu.

Mau Beli Kue Kering dan Camilan Kiloaan, Mampir Saja ke SiniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Dari sekian banyak pedagang, hanya segelintir pedangan yang menjual paket hampers kue kering. Harganya terbilang sangat murah. Saat kami berkunjung, kami diberi pilihan berupa satu kotak hampers kue Lebaran dengan isi 6 toples kue kering ukuran tanggung sebesar Rp 60 ribu.

Sang pedagang bahkan menunjukkan kotak hampers lain yang berisi sebotol sirup yang jarang ditemukan di pasaran plus empat toples kue kering. Kotak kue Lebaran versi ini hanya dijual seharga Rp 70 ribu.

Selain kue kering, ragam camilan gurih dan manis juga dijual eceran. Pilihannya antara lain kacang polong, samosa, kacang mete, sumpia, pastel hingga keripik balado. Sedangkan camilan manisnya berupa bola cokelat, cokelat koin, manisan kemasan hingga aneka permen jelly. Rata-rata camilan gurih yang ada dijual sebesar Rp 60 hingga Rp 70 ribu per kilogram.

Mau Beli Kue Kering dan Camilan Kiloaan, Mampir Saja ke SiniFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Dari pantauan kami, para penjual bahan pembuat kue juga tak sepi pengunjung. Bahan-bahan seperti mentega asal Belanda, Wijsman juga dijual eceran di sini. Harga per kilogramnya mencapai Rp 100 ribu. Sedangkan margarin biasa hanya dijual sebesar Rp 22 ribu per kilonya.

Selai nanas yang jadi bahan baku pembuatan nastar dijual seharga Rp 60 ribu per kilo. Sedangkan kacang mete yang biasa jadi pelengkap kue kering kekinian dijual seharga Rp 120 ribu per kilo.

Bagaimana, sudah punya gambaran berapa kocek yang harus disiapkan untuk berburu kue kering Hari Raya di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur?

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak