Kenyal Gurih Jemunak, Camilan Khusus Bulan Puasa dari Muntilan

Eko Susanto - detikFood Kamis, 09 Mei 2019 12:00 WIB
Foto: dok.detikFood/Eko Susanto Foto: dok.detikFood/Eko Susanto
Magelang - Di Muntilan, Kabupaten Magelang, ada makanan khas yang ada hanya setiap puasa Ramadhan. Makanan inipun menjadi menu spesial saat buka puasa tiba.

Makanan khas ini diberi nama jemunak. Jemunak tersebut dibuat dari singkong atau ubi kayu. Singkong dikupas terus dicuci hingga bersih dan diparut. Setelah itu, dikukus hingga matang menggunakan tungku.Setelah matang, dicampur ketan dan dikukus kembali hingga matang.

Kenyal Gurih Jemunak, Camilan Khusus Bulan Puasa dari MuntilanFoto: dok.detikFood/Eko Susanto

Selanjutnya singkong dan ketan ditumbuk di lumpang sekitar 15 menit. Begitu telah benar-benar bercampur dan kenyal, baru jemunak mulai dibungkusi dengan daun pisang. Jemunak ini disajikan dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah. Mirip lupis tetapi lebih gurih kenyal.

"Niki sekali damel 20 kg ketela pohong, ketan 5 kg, kelapa 5 dan gula jawa 5 kg (sekali buat bahan 20kg ketela pohong, ketan 5 kg, kelapa 5 buah dan 5 kg gula jawa)," tutur Mbah Mujilah (84), saat ditemui di sela-sela membuat jemuk di rumahnya Kampung Karaharjan RT 02/RW 03, Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Rabu (8/5/2019).

Kenyal Gurih Jemunak, Camilan Khusus Bulan Puasa dari MuntilanFoto: dok.detikFood/Eko Susanto

Saat ini, Mbah Mujilah untuk membuat jemunak dibantu anaknya, Kasmurah (50), cucunya, Danu Supriyanto (28) dan Darti (29). Untuk jemunak ini hanya ada saat puasa Ramadhon saja dan semenjak puasa hari pertama telah membuatnya.

Jemunak yang telah jadi, kemudian dititipkan di beberapa pedagang. Ada pula yang datang langsung untuk memesan jemunak tersebut. Bahkan, pernah juga pesanan tersebut datang dari Keraton Yogyakarta.

Kenyal Gurih Jemunak, Camilan Khusus Bulan Puasa dari MuntilanMakanan khas saat puasa Ramadhan, jemunak di Muntilan, Kabupaten Magelang Foto: dok.detikFood/Eko Susanto

"Puasa tahun sebelumnya dari keraton memesan, kalau puasa tahun yang lalu tidak. Ini rata-rata bisa jadi 300 bungkus," ujar Kasmurah seraya sambil membungkus jemunak.

Adapun untuk satu bungkus jemunak siap saji harganya Rp2.000. Selain bulan Ramadhan ia membuat makanan seperti nogosari, growol, ketan bubuk dan kuping lawa.

"Kalau jemunak hanya saat puasa Ramadhan saja. Biasanya buat nogosari, growol, ketan bubuk, kuping lawa," katanya.

(dwa/odi)