Food Park di Karawang Pecahkan Rekor MURI Punya Franchise Terbanyak

Akfa Nasrulhak - detikFood Jumat, 03 Mei 2019 19:25 WIB
Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Jakarta - Salah satu developer properti di Indonesia, Citra Swarna Group mendapat rekor penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui salah satu proyeknya, Kartika Residence, Karawang. Ini adalah Food Park yang melibatkan 50 Franchise dan Business Opportunity dari berbagai wilayah dan menjadi yang terbanyak di Indonesia.

"Dibanding food park yang lain, yang menjadi diferensiasi kita adalah semua outlet yang ada merupakan sistem kerja sama franchise dan business opportunity dengan tujuan memberikan varian menu makanan dan minuman yang lengkap, dan ini baru pertama di Indonesia dengan 50 outlet franchise dan business opportunity," ungkap Direktur Citra Swarna Group, Victor usai menerima penghargaan di kawasan Food Park Kartika Residence, Karawang, Jumat (3/5/2019).

Kartika Food Park menempati area seluas 2000 meter persegi, terdiri dari 50 outlet franchise & business opportunity food and beverages. Menurut Head of Facilities Citra Swarna Group, Yudhistira di food park ini tidak memiliki tenant dengan sistem sewa atau jual. Semuanya adalah franchise dan business opportunity.

"Jadi konsepnya memang food court dengan area terbuka. Tapi yang jadi differensiasi dari kita pada hari ini, kita memecahkan rekor MURI. Jadi konsep kita semua franchise, semua dikelola dalam satu manajemen. Dan kenapa kita pilih franchise karena bisnisnya recycle, terus kedua, juga sistem manajemennya sudah bagus. Jadi kita sudah tidak bingung dengan inventory segala macem," ujarnya.


Food park ini buka operasional setiap hari dari pukul 11.00-22.00 WIB. Kecuali di bulan Ramadan, buka dari pukul 15.00-22.00 WIB.

"Jadi sungguh luar biasa sih, ini franchise juga ada dari Jakarta, Jawa, kayak Roti John itu dari Semarang. Dari Karawang sendiri, yang dekat-dekat itu ada Sate Maranggi dari Purwakarta," ujarnya.

Sebagai awal promosi food park ini menyediakan makan sepuasnya dengan harga Rp 35 ribu.

"Tentunya dengan penawaran yang menarik, seperti hari ini dan besok, promo makan sepuasnya hanya Rp 35 ribu, kecuali minuman," ujarnya.

Menu yang dihadirkan oleh 50 franchise dan business opportunity tersebut terdiri dari aneka makanan dan minuman yang sudah dikenal masyarakat. Beberapa merek yang bergabung antara lain Ayam Strong, Bakso Benhill, Serabi Solo, Soto Kudus Pak Minto dan sebagainya.

Lebih jauh, Yudhis menjelaskan, food park merupakan salah satu fasilitas terbaru yang dibangun Citra Swarna Group.

"Keberadaan food park Kartika Residence selain untuk memenuhi kebutuhan para penghuni kawasan, juga sebagai meeting point bagi para pelaku bisnis di Karawang Timur," katanya.


Food park menjadi salah satu fasilitas yang dibangun Citra Swarna Group untuk melengkapi kawasan hunian terpadu, Kartika Residence. Pekan lalu, pengembang telah meluncurkan Super Splash, sebuah water park yang dipersembahkan bagi penghuninya.

Selain food park dan water park, fasilitas publik lain yang akan tersedia adalah tempat ibadah, sport club, sekolah, rumah sakit, business area, taman bermain anak, danau buatan yang dilengkapi jogging track, serta hotel.

Kartika Residence dikembangkan di atas lahan seluas 140 hektar. Hunian ini mengusung konsep Kawasan terintegrasi yang terdiri atas dua tahap. Tahap awal seluas 51,6 hektar terdiri atas 12 klaster dengan masing-masing klaster berjumlah sekitar 200-an unit. Sehingga total hunian yang akan dibangun mencapai 7.500 rumah.

Tipe yang dipasarkan cukup beragam, yakni tipe Ayana dengan luas 30/72. Tipe Kanaya dengan luas 38/72, tipe Kalyana dengan luas 45/90 dan tipe Adara dengan ukuran 69/72. (prf/ega)