Catat! Besok Ada Festival Bakso Aci Pertama di Garut

Hakim Ghani - detikFood Kamis, 02 Mei 2019 16:52 WIB
Foto: dok.detikFood/Hakim Ghani Foto: dok.detikFood/Hakim Ghani
Garut - Hari Jumat (2/5/2019) besok, di Kabupaten Garut bakal diadakan festival bakso aci yang pertama kalinya di dunia. Para pecinta bakso bisa merapat dan cicipi bakso aci sepuasnya di even ini!

Festival bakso aci akan diselenggarakan di halaman Pendopo Garut, Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Garut Kota. Acaranya bakal digelar tiga hari, mulai besok hingga Minggu (5/5).

Dhani, penyelenggara acara mengatakan, Festival Bakso Aci digelar untuk lebih mengenalkan bakso dari tepung tapioka ini sebagai makanan khas tatar Pasundan.

Catat! Besok Ada Festival Bakso Aci Pertama di GarutFoto: dok.detikFood/Hakim Ghani


"Saat ini kita bisa lihat bahwa penggemar baso aci itu benar-benar meningkat, karena dengan adanya bakso aci yang dijual kemasan, penikmat bakso aci itu bisa dirasakan bukan hanya di Garut, tapi keluar kota bahkan sampai keluar negeri," ujar Dhani kepada wartawan, Kamis (2/5/2019).

Acara ini diselenggarakan sekelompok pemuda kreatif dan pegiat media sosial di Garut. Dhani mengatakan, kelompoknya ingin membantu pemerintah untuk mensosialisasikan bakso aci sebagai makanan khas Garut.

Catat! Besok Ada Festival Bakso Aci Pertama di GarutFoto: dok.detikFood/Hakim Ghani

Dalam acara itu, ada 40 penjual bakso aci dari berbagai pelosok Garut yang akan nongkrong di lokasi selama tiga hari. Para pengunjung harus membeli tiket yang nantinya ditukar untuk beberapa mangkuk bakso aci.

"Ada bakso aci legend, bakso aci hits dan bakso aci unik," katanya.

Even ini diklaim jadi yang pertama di Indonesia bahkan dunia. Panitia berharap agar masyarakat baik dari Garut maupun luar kota datang ke acara ini untuk mencicipi cita rasa bakso aci asli Garut.

"Masyarakat Garut patut berbangga karena punya bakso aci yang sangat enak," pungkas Dhani.

(dwa/odi)