Sambut Ramadan Ikan Asap Khas Sidoarjo Disajikan di Resto Ini

Suparno Nodhor - detikFood Selasa, 30 Apr 2019 10:50 WIB
Foto: dokdetikFood/Suparno Nodhor Foto: dokdetikFood/Suparno Nodhor
Sidoarjo - Ikan mujair dan ikan pari asap siap olah atau yang dimasak bisa didapatkan di restoran ini. Suasana asri menambah kenikmatan menyantap ikan asap khas Sidoarjo.

Dengan kebiasaan tersebut warga Desa Penatarsewu membuka wisata kuliner baru yakni, Resto Apung Seba, dengan menu spesialis khas Sidoarjo. Guna memudahkan warga Sidoarjo untuk melakukan buka bersama.

Resto Apung Seba dibangun bertujuan sebagai sentra kuliner dan penjualan makanan khas Sidoarjo yaitu ikan asap. Memang Desa Penatarsewu terkenal sebagai desa pembuat ikan asap.

Sambut Ramadan Ikan Asap Khas Sidoarjo Disajikan di Resto IniFoto: dokdetikFood/Suparno Nodhor

Selama ini warga menjual hasil ikan asap ke pasar, namun dengan adanya Resto Apung Seba kini warga bisa memasarkan langsung hasil produk olahannya ke konsumen langsung.

"Alhamdulillah dengan hadirnya resto ini warga sekarang punya tempat penjualan ikan asap. Warga juga bisa mengenalkan masakan khas wilayah Sidoarjo," kata Choliq Kepala Desa Penatarsewu kepada wartawan di Resto Apung, Senin, (29/4/2019).

Choliq mengaku hampir sebagian besar warga Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin ini setiap hari memproduksi ikan mujaer asap. Namun penjualannya dipasarkan ke pasar-pasar tradisional.

Sambut Ramadan Ikan Asap Khas Sidoarjo Disajikan di Resto IniFoto: dokdetikFood/Suparno Nodhor

"Dengan keberadaan Resto Apung milik Bumdes ini warga bisa menjual produk ikan asap ke Resto Apung ini," tambah Choliq.

Sementara itu di tempat yang sama Manager Public Relation & CSR Pertagas Zainal Abidin, menyatakan bahwa bantuan pembangunan resto ini diberikan setelah melihat antusiasme warga untuk memasarkan ikan asap.

"Warga Penatarsewu punya niat kuat untuk mengembangkan usaha ikan asap. Karena itu Pertagas membantu mewujudkan mimpi warga untuk memiliki resto khusus. Harapannya resto ini bisa jadi lokasi wisata kuliner unggulan di Jawa Timur, khususnya di bulan suci Ramadhan," kata Zainal.

Sambut Ramadan Ikan Asap Khas Sidoarjo Disajikan di Resto IniFoto: dokdetikFood/Suparno Nodhor

Untuk menarik minat pengunjung Resto Apung Seba akan memberikan promosi khusus bulan ramadan dan lomba swa foto lewat instagram. "Syaratnya gampang, tinggal follow akun IG @Restoseba, posting foto2 lagi selfi bareng teman-teman, nanti ada hadiah voucher makan di resto seba," tandas Zainal.

Sementara itu menurut koordinator Resto Apung Seba Lita Eka Yufidah ,selama bulan ramadan akan ada menu khusus.

"Di bulan Ramadhan Resto buka mulai pukul 16.00 WIB, dan akan menyediakan menu khusus. Seperti mujaer panceng, sayur manggut, dan sayur kuning ikan mujaer. Menu tersebut diolah dengan bumbu cenderung agak kuning, ini menu khas Sidoarjo. Selain itu juga menyediakan menu bandeng asap dan bakar, serta menu lainnya dengan harga sangat terjangkau," tandas Lita. (dwa/odi)