Koh Liem, Legenda Asem-asem Daging Sapi Semarang Meninggal Dunia

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 29 Apr 2019 05:03 WIB
Foto: Instagram @asem2_kohliem
Semarang - Namanya lekat dengan hidangan andalannya, asem-asem daging sapi. Empat puluh tahun lebih sajian legendaris ini memanjakan lidah warga Semarang dan Indonesia.

Kabar duka buat pencinta kuliner lokal. Pendiri, peracik asem-asem daging sapi, Koh Liem (83 tahun) meninggal dunia hari Minggu, pukul 11.20 di Semarang. Pria bernama lengkap Piek Swie Liem ini merintis usaha warung makannya sejak tahun 1978.

Warung makan yang kala itu masih sederhana tak beda jauh dengan warung nasi biasa. Berlokasi di Jl. Karanganyaer 28?C-4, tepat di depan SMA Kolese Loyola Semarang. Bertahan hingga kini warungnya telah berubah menjadi RM. Asem-asem Daging Sapi Koh Liem.

Koh Liem, Legenda Asem-asem Daging Sapi Semarang Meninggal DuniaFoto: Instagram @asem2_kohliem
Lebih dari 4 dekade Koh Liem mempertahan racikan asem-asem daging sapi sebagai sajian andalan. Bahkan kepopuleran masakan ini menjadi ikon kuliner kota Semarang. Tak lengkap ke Semarang tanpa menikmati asem-asem daging sapinya.

Sajian sederhana ini terbuat dari potongan daging sapi dengan lemak yang dimasak bersama bawang merah, bawang putih, kecap manis dan tomat muda. Rasa asam, manis, gurih dan daging sapi yang super empuk membuat pembelinya ketagihan. Cukup dinikmati dengan nasi putih saja. Jika mau lebih nikmat bisa nasi putih bisa langsung disiram asem-asem daging sapi.

Koh Liem, Legenda Asem-asem Daging Sapi Semarang Meninggal DuniaFoto: Instagram @asem2_kohliem
Konsistensinya menjaga bumbu dan kualitas daging sapinya diwariskan pada anak-anaknya yang kini menjalan usahanya. Di RM Asem-asem Koh Liem ditata seperti layaknya warung nasi tradisional.

Meja melingkari tempat meracik makanan, seperti warteg. Aneka lauk ditata di lemari kaca. Selain asem-asem daging sapi ada banyak lauk di sini yang populer. Ada udang goreng mentega, kodok goreng mentega, sarden bandeng, pepes telur kodok juga rempeyek udang dan kacang ukuran besar.

Koh Liem, Legenda Asem-asem Daging Sapi Semarang Meninggal DuniaFoto: detikfood
Puluhan lauk tumisan dan gorengan plus aneka jajanan yang digelar seputar meja siap manjakan selera pelanggannya. Meski bergaya warteg harga makanannya relatif leboh mahal.

Tak hanya dikunjungi banyak wisatawan lokal, warung makan Koh Liem juga banyak disinggahi pejabat juga para artis. Dari food vlogger Next Carlos, Ahok hingga almarhum Bondan Winarno. Meski sudah tak aktif karena usia, sebelum meninggal, Koh Liem tetap memantau usahanya.

Koh Liem, Legenda Asem-asem Daging Sapi Semarang Meninggal DuniaFoto: Instagram @asem2_kohliem
Jenazah ayah 3 orang anak yang sudah memiliki 7 orang cicit kini disemayamkan di Rumah Duka Panti Wilasa, Jl. Citarum, Semarang. Akan dikremasikan pada hari Kamis, 2 Mei 2019. Sementara rumah makannya tutup mulai tanggal 29 April hingga 4 Mei 2019. Selamat jalan Koh Liem!

(odi/odi)