Nikmatnya Sate Ratu di Yogyakarta yang Diserbu Turis 72 Negara

Raras Prawitaningrum - detikFood Sabtu, 27 Apr 2019 12:20 WIB
Foto: Dok. Warung Sate Ratu Foto: Dok. Warung Sate Ratu
Jakarta - Bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya, atau bagi yang sedang liburan ke sana, wajib mencoba kuliner Sate Ratu. Di Warung Sate Ratu, disediakan banyak menu sate nikmat seperti sate merah, sate lilit basah, dan ceker tugel.

Salah satu menu best seller-nya adalah sate merah. Dari tampilannya saja sudah menggugah karena berwarna merah. Rasanya pun gurih pedas dan khas karena rasa bumbunya tak ada yang menyamai. Harganya yang terjangkau, yakni sekitar Rp 20 ribuan, membuat banyak wisatawan terus berdatangan untuk mencicipi Sate Ratu.

Warung Sate Ratu milik Fabian Budi Seputro ini juga terkenal di kalangan turis asing. Sejak 2016, Warung Sate Ratu menyajikan sate dengan rasa bumbu yang meresap pada tiap gigitan. Misalnya saja sate merah. Sate ini dibuat dari potongan daging ayam besar empuk juicy, dilumuri bumbu rempah spesial yang dicampur cabai. Warnanya pun menggugah selera, merah segar.

Sate lilit basah.Sate lilit basah. Foto: Dok. Warung Sate Ratu

Ada juga menu sate lilit basah yang tak kalah nikmat. Dihidangkan tanpa tusuk sate dan sedikit berkuah, sate ini diolah dari daging ayam cincang lalu diuleni dengan bumbu spesial. Kemudian dikukus dengan dipanaskan dengan mentega. Cocok untuk anak-anak yang belum bisa menggigit daging di tusuk sate. Bagi pencinta ceker, cicipi ceker tugel. Rasanya gurih pedas mirip bumbu rica-rica. Sedap!

Salah satu kunci Sate Ratu diminati banyak wisatawan adalah menunya selalu disajikan fresh. Maka kualitas dan cita rasanya tetap terjaga. Hingga April 2019, Warung Sate Ratu telah menerima tamu dari 72 negara seperti Jepang, China, Korea, Singapura, Aruba, Saudi Arabia, Maroko, hingga Tanzania.

Tak heran jika Warung Sate Ratu meraih banyak penghargaan di antaranya 'Certificate of Excellence' dari Trip Advisor pada 2017 dan 2018. Bahkan Sate Ratu terpilih menjadi 1 dari 22 besar Finalis Nasional Penerus Warisan Kuliner Kecap Bango dari 7.000 peserta serta 1 dari 95 Food Startup Indonesia yang terkurasi dari ratusan food startup se-Indonesia yang diadakan Bekraf.

Kalau ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Warung Sate Ratu. Sebab, warung sate ini belum memiliki franchise dan cabang di manapun. Warung Sate Ratu berlokasi di Jogja Paradise Food Court, Jalan Magelang KM. 6, Sleman, Yogyakarta (Depan The Rich Hotel).

Namun bisa juga memesan aneka menu Sate Ratu melalui Go-Food. Untuk melihat menu yang ditawarkan Warung Sate Ratu, cek Instagram @sateratu atau kunjungi situs sateratu.id atau hubungi WhatsApp di nomor 08155556666. (prf/odi)