Ketam Nenas dan Penang Pasembur Autentik Malaysia Bisa Dicicipi di Sini

Sonia Basoni - detikFood Senin, 08 Apr 2019 14:30 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Terlepas dari nasi lemak dan laksa. Malaysia punya ragam hidangan lokal tak kalah enak. Di restoran ini, ada lebih dari 30 makanan lokal Malaysia yang bisa dicoba.

Berkolaborasi dengan DoubleTree by Hilton Malaysia, OPEN} Restaurant yang terletak di DoubleTree by Hilton Jakarta, menawarkan ragam hidangan lokal dari Malaysia.

Baca Juga: Seru! Makan Duren dan Jajanan Tradisional Sepuasnya di Pinggir Taman

Lewat acara 'Nine Days of Malaysian Food Experience' pengunjung akan disuguhi dengan pengalaman bersantap mencicipi aneka makanan khas Malaysia, yang dibawa langsung oleh dua chef profesional asal Malaysia.
Ketam Nenas dan Penang Pasembur Autentik Malaysia Bisa Dicicipi di SiniFoto: dok. detikFood
"Kami tertarik untuk datang ke Indonesia, membawa semua hidangan lokal dari Malaysia, untuk dikenalkan di sini," tutur Chef Umar Abdul Razak, selaku chef dari DoubleTree by Hilton Kuala Lumpur ke detikFood (05/04).

Chef Umar tidak sendirian, untuk menyajikan 30 hidangan Malaysia di OPEN} Restaurant, ia dibantu oleh Chef Hasuat Hassan dari DoubleTree by Hilton Resort Penang.

"Dari 30 menu yang kami bawa, ada 5 makanan andalan yang kami rekomendasikan untuk dicoba. Seperti Pajeri Nenas, Kari Kepala Ikan, Penang Pasembur, Udang Masak Berempah, dan Ketam Masak Lemak Nenas," ungkap Chef Hasuat.

Lima makanan ini disajikan, dengan tampilan yang menarik dan menggugah selera. Seperti Ketam Masak Lemak Nenas contohnya. Terdiri dari ketam (kepiting), buah nanas, kunyit, bawang merah, batang serai, hingga santan.
Ketam Nenas dan Penang Pasembur Autentik Malaysia Bisa Dicicipi di SiniFoto: dok. detikFood
"Kalau masakan Melayu di Malaysia, didominasi dengan penggunaan santan. Jadi rasa setiap makanan ini gurih, atau lemak disebutnya. Agar lebih segar, santan dipadukan dengan buah nanas, sehingga rasanya semakin enak," jelas Chef Hasuat.

Lalu ada juga rujak khas Malaysia yang tak kalah unik. Namanya pasembur, rujak khas India yang populer di kota Penang. Isiannya terdiri dari bakwan udang, bakwan sayur, tahu goreng, kentang rebus, disiram dengan kuah kacang dan campuran ebi halus gurih. Bisa juga ditambahkan dengan bakso ikan, hingga cumi goreng.

"Di Penang, pasembur ini masuknya ke makanan berat karena porsinya banyak, dan melimpah. Jadi biasanya disantap saat makan siang, atau makan malam. Kalau di Indonesia, pasembur isinya bakwan udang, tapi kalau di Penang, campuran bakwan udang ini disebutnya sebagai cucur," lanjut Chef Umar.
Ketam Nenas dan Penang Pasembur Autentik Malaysia Bisa Dicicipi di SiniFoto: dok. detikFood
Tak ketinggalan Pajeri Nenas, hidangan nanas pedas khas Melayu. Disandingkan dengan Kari Kepala Ikan yang harum gurih, serta Udang Masak Berempah yang diracik dari asam jawa, dan dicampur dengan rempah kari ikan.

Selain lima menu andalan di atas, Chef Umar dan Chef Hasuat turut menyiapkan menu lain yang tak kalah menggugah selera. Seperti Laksa Johor, Kurma Ayam Berkentang, Nasi Minyak, hingga Daging Masak Hitam.
Ketam Nenas dan Penang Pasembur Autentik Malaysia Bisa Dicicipi di SiniFoto: dok. detikFood
"Saya juga tertarik untuk mempelajari masakan Indonesia, karena ini pertama kalinya saya berkunjung kemari, dan ingin mendapatkan pengalaman yang baru dengan adanya kolaborasi ini," pungkas Chef Umar yang sudah bekerja sebagai chef sejak 15 tahun lalu.

Semua hidangan Malaysia yang spesial ini bisa dinikmati langsung di OPEN} Restaurant, dengan konsep buffet. Mulai dari tanggal 6-14 April 2019. Dengan harga Rp 458.000++ per orangnya. Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi 021-31904433.

Baca Juga: Dua Chef dari Thailand Ini Racik Tom Yam dan Pad Thai Rasa Autentik (sob/odi)