Mulur Gurih Makanan Serba Keju

Keju yang Gurih dan Kaya Rasa Jadi Favorit Orang Indonesia

Devi Setya - detikFood Senin, 18 Mar 2019 12:20 WIB
Foto: Instagram @mazaraat Foto: Instagram @mazaraat
Jakarta - Hingga saat ini ada ribuan jenis keju yang dibuat di dunia. Karakter keju ini saling berbeda, namun orang Indonesia cenderung menyukai keju yang gurih.

Ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan (16/3) Jamie Najmi, selaku pendiri Mazaraat Artisan Natural Cheese menjelaskan soal selera orang Indonesia saat menyantap keju. Menurut Jamie, orang Asia termasuk Indonesia cenderung menyukai keju yang kaya rasa.
Keju yang Gurih dan Kaya Rasa Jadi Favorit Orang IndonesiaFoto: Instagram @mazaraat

Baca juga : Dari Boyolali hingga Sukabumi, Ini Produk Keju Lokal Asli Indonesia

"Rata-rata Asia, suka keju yang flavour, kuat rasanya, garam lebih tinggi, kalau keju pakai herb juga harus lebih berasa." kata Jamie yang aktif membuat dan menjual keju natural sejak 2015.

Lebih lanjut Jamie juga menjelaskan, kecenderungan rasa favorit ini dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya karena terbiasa mengonsumsi keju yang rasanya kuat, sehingga selera itu terbentuk secara alami.

"Misalnya di India, mereka masak kari pakai keju. Selera masing-masing bangsa berbeda, bukan hanya keju tapi juga untuk semua jenis kuliner," lanjut Jamie.
Keju yang Gurih dan Kaya Rasa Jadi Favorit Orang IndonesiaFoto: detikFood

Masyarakat Indonesia juga terbiasa mengonsumsi keju proses yang punya rasa serta tekstur yang jauh berbeda dengan keju natural. Inilah yang membuat orang Indonesia agak sulit menerima rasa dari keju natural.

Untuk memperkenalkan serta meningkatkan konsumsi keju natural, Jamie bersama Mazaraat membuat olahan makanan khas Indonesia dengan tambahan keju.

"Kami di Mazaraat membuat rendang keju, pepes keju, kita punya keju dengan herb andaliman, itu satu-satunya rempah yang tumbuh di Sumatera Utara. Lalu ada juga sate rica-rica keju hingga sayur lodeh keju. Why not?" beber pria ramah yang berdomisili di Yogyakarta ini.
Keju yang Gurih dan Kaya Rasa Jadi Favorit Orang IndonesiaFoto: Instagram @mazaraat
Baca juga : Tiga Keju Ini Paling Sering Digunakan Orang Indonesia

Dengan cara seperti ini, Jamie berharap semakin banyak orang Indonesia yang mengonsumsi keju asli, bukan keju proses alias keju palsu.

"Awal kami mendirikan Mazaraat ini tujuannya untuk konsumsi para pribumi, supaya kita bisa makan keju berkualitas buatan sendiri. Tapi saat berjalan, ternyata konsumen kami justru paling banyak dari kalangan ekspatriat," pungkas Jamie. (dvs/odi)