Bubur Ase hingga Sate Kuah Disajikan di Festival Jajanan Bango 2019

Devi Setya - detikFood Minggu, 17 Mar 2019 13:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Festival Jajanan Bango (FJB) 2019 kembali digelar di Jakarta. Dengan tema Kelezatan Asli Lintas Generasi, dimeriahkan 80 penjaja kuliner legendaris dan modern.

Sebagai acara kuliner tahunan, FJB selalu menghadirkan ragam kuliner nikmat khas Nusantara. Tak hanya enak, beberapa kuliner yang hadir juga terbilang legendaris namun tetap eksis hingga sekarang.

Tahun ini, FJB digelar selama dua hari yakni tanggal 16-17 Maret 2019 di Area Parkir Squash, Gelora Bung Karno, Jakarta. Ada lebih dari 80 penjaja kuliner yang memang sengaja didatangkan untuk menghadirkan kelezatan asli dari seluruh Indonesia.

Baca juga : Manjakan Lidah dengan Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2018

Foto: detikfood
Hernie Raharja selaku Food Director PT Unilever Indonesia Tbk. mengatakan, "Bango memiliki misi sosial untuk melestarikan dan memajukan kuliner Indonesia dengan cara mempopulerkan makanan serta menyejahterakan penjaja makanan tradisional."

Lebih lanjut, Hernie juga mengatakan pada perhelatan FJB 2019 ini juga disediakan area khusus bagi 10 penjaja kuliner lintas generasi. Selain itu gelaran akbar ini juga turut menghadirkan 3 penjaja kuliner langka yakni Bubur Ase Bu Neh, Sate Kuah Pak H. Diding dan Cungkring Pak Jumat.

Sebanyak 83 penjaja kuliner ini dibagi menjadi 3 distrik yakni distrik F, distrik J dan distrik B. Khusus untuk 10 kuliner legendaris lintas generasi, berlokasi di area distrik J. Beberapa diantaranya ada Sate & Tongseng Pak H. Budi, Tengkleng Klewer Bu Edi Solo, Kwetiau Sapi Antasari 72 Pontianak, Kupat Tahu Gempol Bandung dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa merasakan kelezatan Sate Klatak Pak Pong, Nasi Jamblang Mang Dul hingga Ayam Geprek Dabu-dabu. Harga makanan di FJB kali ini juga beragam mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu.

Baca juga : Intip 8 Potret Keseruan Wisata Kuliner di Festival Jajanan Bango 2018

Bubur Ase khas Betawai yang legendaris. Foto: detikfood
Untuk bisa merasakan sensasi kelezatan makanan Nusantara ini, pengunjung tak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk alias gratis. Selain itu fasilitas di area FJB ini juga terbilang lemgkap mulai dari musola, toilet, area bermain anak hingga ruang karaoke.

Foto: detikfood

Acara FJB masih akan berlangsung hari ini, Minggu (17/3) hingga pukul 22.00 WIB. Sebagai saran, karena acara ini berada di area terbuka maka bawalah air mineral yang cukup, kenakan pakaian yang nyaman dan siapkan uang tunai. Selamat berburu makanan Nusantara! (dvs/odi)