Slurpp! 'Buddha Jumps Over the Wall', Sup Mewah Asal Fuzhou Ada di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Mar 2019 12:40 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kota Fuzhou di China punya sup mewah bernama 'Buddha Jumps Over the Wall'. Sup ini berisi ragam bahan premium yang biasa disajikan untuk para kaisar.

Kuliner dari negeri Tirai Bambu sangatlah beragam. Kota Fuzhou di Provinsi Fujian, misalnya, punya hidangan bernama unik yaitu Buddha Jumps Over the Wall.

Nama hidangan unik itu merujuk pada kiasan bahwa saking enaknya sup, Buddha bahkan rela melompati tembok demi mencicipnya. Konon Buddha Jumps Over the Wall sudah ada sejak Dinasti Qing, sekitar tahun 1876.

Slurpp! 'Buddha Jumps Over the Wall', Sup Mewah Asal Fuzhou Ada di SiniFoto: Jia Contemporary Dining

Ditemui dalam acara Chef's Table di Jia Contemporary Dining, Shangri-La Hotel Jakarta (7/3), Chef Tacky Zheng dari Shangri-La Hotel Fuzhou bercerita, "Sup ini awalnya keinginan seseorang kaya yang mau menghadirkan hidangan istimewa di hari pernikahannya." Ia mencampur semua bahan makanan mahal di dalam sup.

Sup ini selanjutnya juga disajikan untuk tamu kehormatan. Mulai dari kaisar hingga para pemimpin negara. Keistimewaannya menyamai sup sirip hiu di China.

Buddha Jumps Over the Wall diracik dari beragam bumbu dan rempah. Isiannya adalah bahan hewani mahal seperti abalone, teripang, scallop, dan daging babi. Ada juga tambahan telur puyuh, jamur, dan beragam bahan lainnya.

Slurpp! 'Buddha Jumps Over the Wall', Sup Mewah Asal Fuzhou Ada di SiniFoto: dok. detikFood

Kuah sup ini menghadirkan aroma herba dan rempah yang kuat. Kabarnya butuh satu hingga dua hari penuh untuk membuat Buddha Jumps Over the Wall.

Nah, secara khusus chef Zheng menghadirkan Buddha Jumps Over the Wall ke Jia Contemporary Dining pada 6 hingga 10 Maret 2019. Chef Zheng juga memperkenalkan sajian autentik lain dari Fuzhou.

Salah satunya Healthy Crab Meat Soup yang ia demokan cara membuatnya. Sup ini diracik dari bayam, susu, dan putih telur sebagai bahan utamanya.

Slurpp! 'Buddha Jumps Over the Wall', Sup Mewah Asal Fuzhou Ada di SiniFoto: dok. detikFood

Campuran bayam, susu, dan putih telur dikocok lalu dimasak dengan minyak yang tak terlalu panas selama beberapa menit. Campuran itu lalu diangkat dan dimasak kembali bersama air dan beberapa bumbu lain. Sentuhan terakhirnya berupa topping tobiko.

"Di Fuzhou juga banyak hasil laut seperti udang. Salah satu hidangan khas di sana adalah udang goreng dengan teh China," lanjut chef Zheng.

Udang berkualitas bagus dimarinasi bersama larutan teh lalu digoreng bersama daun teh kwan im. Hasilnya udang goreng yang manis dan juicy tercium aromatik.

Slurpp! 'Buddha Jumps Over the Wall', Sup Mewah Asal Fuzhou Ada di SiniFoto: dok. detikFood

Ada juga rebung bumbu minyak bawang, ikan dori asap asam manis, nasi goreng Fuzhou, dan mie Putien yang wajib dicoba. Seluruh menu bisa dipesan satuan.

Harganya mulai dari Rp58.000++ untuk rebung khas Fuzhou hingga Rp 618.000++ untuk Buddha Jumps Over the Wall. Informasi dan reservasi bisa menghubungi nomor (021) 29229999.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com