Biar Gak Lama di Dapur, Simak Cara Masak Cepat dan Sehat

Akfa Nasrulhak - detikFood Senin, 25 Feb 2019 16:05 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Membuat masakan untuk keluarga di rumah sering kali memakan waktu yang lama karena mengolahnya tidak tepat. Padahal metode memasak yang salah mempengaruhi kandungan nutrisi pada masakan. Dilansir dari Greatist, ada beberapa metode memasak yang bisa dipilih untuk menjaga kandungan nutrisi agar tak berkurang atau membahayakan. Misalnya olah sayuran dengan metode rebus yang diyakini menyehatkan.

"Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk direbus ada tomat dan wortel yang memiliki tingkat likopen dan beta-karoten lebih tinggi setelah dimasak," ujar dokter Abbie Gellman seperti dilansir dari laman Greatist, Senin (25/2/2019).


Olah juga sayuran dan daging dengan ditumis. Metode memasak ini dianggap lebih sehat karena menggunakan sedikit minyak.

"Beberapa penelitian menemukan bahwa menumis sayuran dengan sedikit minyak zaitun dapat meningkatkan antioksidan yang ada di dalam makanan. Apalagi kandungan minyak zaitun yang baik untuk jantung dan lebih ramah di tubuh," dikutip dari laman Greatist.


Mengukus sayuran, ayam, dan ikan juga bisa mempertahankan vitamin dan nutrisinya. Jika suka aneka masakan yang dipanggang, coba olah daging dan ikan dengan dipanggang. Namun pastikan daging tidak dipanggang dalam suhu tinggi karena bisa menimbulkan racun yang merusak keseimbangan antioksidan dalam tubuh.

Walaupun metode memasak tersebut menyehatkan, belum tentu waktu memasaknya bisa cepat. Untuk beberapa olahan seperti daging bahkan membutuhkan waktu yang lama ketika dipanggang atau ditumis.

Namun kini tak perlu khawatir lagi akan waktu yang lama dan kehilangan nutrisi. Sebab, kini ada metode memasak cepat dan sehat yang bisa dipilih yakni menggunakan panci bertekanan atau pressure cooker.

Panci yang terbuat dari aluminium atau stainless steel tebal ini dilengkapi penutup agar uap panas dapat mematangkan makanan dengan sempurna. Dengan panci ini, proses memasak jadi lebih cepat dan nutrisi dalam makanan tidak terurai.

Apalagi saat ini telah hadir Philips Electric Pressure Cooker HD2136 yang menggunakan listrik dan dapat membuat proses memasak lebih mudah hanya dengan satu tombol. Aneka menu masakan dapat diolah dengan cepat dan sehat, seperti daging sapi, ayam, aneka sup, gulai, bubur, rebus dan kukus, kacang-kacangan, hingga memanggang kue.

Hebatnya lagi, Philips Electric Pressure Cooker HD2136 dapat melunakkan bahan makanan, seperti daging yang keras hanya dalam waktu 25 menit. Philips Electric Pressure Cooker HD2136 juga dilengkapi timer otomatis sehingga tak perlu cemas akan tingkat kematangan masakan. Jika masakan telah matang, panci bertekanan ini akan otomatis dengan sendirinya. (mul/ega)