Pedas Asam Bakso Isi Belimbing yang Unik

Erliana Riady - detikFood Sabtu, 23 Feb 2019 10:07 WIB
Foto: Erliana Riady/detikcom Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar - Bulatan daging sapi, tengahnya diisi adonan buah blimbing berbumbu pedas. Ketika digigit, rasa asam pedasnya bikin nagih.

Varian bakso sangat banyak, tak terbatas pada ukuran tetapi juga isiannya. Seperti bakso isi belimbing yang digagas Asma Rosida. Wanita gesit berusia 45 tahun ini, melihat potensi besar buah belimbing di sekitarnya. Belimbing memang dibudidayakan warga sekitar Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

Pedas Asam Bakso Isi Belimbing yang UnikFoto: Erliana Riady/detikcom

"Kenapa bakso, karena kuliner ini tetap jaya dari masa ke masa. Peminatnya semua usia. Nah saya ingin mengikuti ikon Karangsari sebagai sentra budidaya belimbing, yang dikombinasi dalam olahan daging bakso," ucap Asma ditemui di warung bakso belimbing Jalan Salak 72 Karangsari Kota Blitar, Jumat (22/2/2019).

Tak mudah merealisasikan keinginan itu. Asna dan seorang warga lainnya Inda, harus berulang kali mencoba membuat adonan. Karena tekstur daging belimbing dan kandungan airnya yang tinggi, tidak mudah menyatu dengan adonan daging sapi, bahan utama bakso.

Pedas Asam Bakso Isi Belimbing yang UnikFoto: Erliana Riady/detikcom

Akhirnya mereka berdua bisa menemukan metode tepat untuk menyatukan dua bahan bakso itu. Caranya, buah belimbing setengah matang dibersihkan dulu lalu diparut kasar. Setelah itu diperas sampai daging buah tidak mengandung air.

Setelah itu belimbing serut digoreng dengan sedikit minyak dan bumbu menyerupai tumisan. Bumbu tumis belimbing itu terdiri dari cabai besar, cabai kecil, bawang putih, bawang bombay, lengkuas, gula pasir, garam dan sedikit penyedap rasa.

Pedas Asam Bakso Isi Belimbing yang UnikFoto: Erliana Riady/detikcom

"Tumis belimbing ini lalu kita masukkan ke tengah adonan daging yang sudah kami bumbui, lalu dibentuk bulat. Dimasukkan ke air lalu digodok selama 30 menit. Seperti bikin bakso pada umumnya," jelas Asna sambil mempraktekkan cara pembuatannya.

Menurutnya, hasil bakso belimbing saat ini sebenarnya belum maksimal. Namun saat dijual, ternyata peminatnya sangat tinggi. Tak kurang sebanyak 40 porsi atau sekitar 150 pentol bakso belimbing ludes terjual setiap harinya.

"Alhamdulillah, baru dua pekan kami bikin bakso belimbing peminatnya banyak. Sehari bisa jual 40 porsi, dan makin banyak pesanan dari instansi pemerintah dan swasta untuk acara internal mereka," tutur Inda menimpali.

Pedas Asam Bakso Isi Belimbing yang UnikFoto: Erliana Riady/detikcom

Dua pembeli yang hobi bakso yang sedang menyantap mengaku bakso belimbing ini rasanya beda. Sensasi asam pedas belimbing, bikin nagih dan tidak eneg.

"Kalau bakso biasa kan ya seperti itu. Kalau bakso belimbing ini, saat digigit pentolnya,.... itu ada rasa asam pedasnya. Jadi seger dan gak bikin eneg. Mantul deh," kata Eli dan Ayu bergantian.

Penasaran dengan rasanya ? Datang saja ke Karangsari Kota Blitar. Hanya Rp 5.000 per porsi, sensasi asam pedas bakso belimbing bisa bikin mata melek dan segar. (dwa/odi)