Nikmati Afternoon Tea dengan Kue Ikonik dari 10 Negara di Lounge Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 11 Feb 2019 17:08 WIB
Foto: Fairmont Jakarta Foto: Fairmont Jakarta
Jakarta - Menikmati afternoon tea paling pas dengan ragam kue dan pastry. Di lounge ini tersedia kue dari 10 negara yang masing-masing punya ciri khas.

Acara minum teh di sore hari berawal dari kebiasaan para bangsawan Inggris pada tahun 1662. Kala itu mereka melakukannya karena makan malam baru tersaji pukul 8 malam.

Tradisi menikmati teh di sore hari ini lalu mendunia. Disebut 'afternoon tea,' banyak tea house atau lounge muncul menawarkan secangkir teh hangat plus kudapan manis dan gurih sebagai 'teman' bersantai.

Salah satu tempat afternoon tea hits di Jakarta adalah Peacock Lounge. Berlokasi di lobi hotel Fairmont Jakarta, lounge ini menawarkan Afternoon Tea "The World of Fairmont" mulai 8 Februari 2019.

Nikmati Afternoon Tea dengan Kue Ikonik dari 10 Negara di Lounge IniFoto: Fairmont Jakarta

Set afternoon tea ini menghadirkan 11 jenis kue ikonik dari 10 negara. Penyajiannya unik menggunakan pohon silver. "Semua dessert ini sangat digemari di negara asalnya. Semua pembuatan kue diriset dulu, kita pasangkan dengan jenis teh yang cocok," kata chef Deden Nugraha, Pastry Chef dari Fairmont Jakarta.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Battenberg Cake dari The Savoy, London. Kue ini dulu dibuat untuk merayakan pernikahan Pangeran Louis dari Battenberg dengan cucu Ratu Victoria, yaitu Putri Victoria pada tahun 1884. Kue ini dianggap sebagai menu Afternoon Tea paling klasik di Inggris.

Nikmati Afternoon Tea dengan Kue Ikonik dari 10 Negara di Lounge IniFoto: dok. detikFood

"Kue ini berupa sponge cake yang dilapisi dengan selai raspberry. Kue lalu di-cover pakai pasta almond. Kue ini sangat digemari di The Savoy," kata chef Deden. Motif kue ini juga unik seperti 4 kotak dengan dua warna berbeda.

Dari Jakarta ada pandan cake berwarna hijau cerah. Chef Deden melanjutkan, "Cake ini terinspirasi cita rasa lokal. Ada krim pandan dengan sponge cake pandan dan pistachio." Ada juga dari Sanur, Bali berupa peanut butter chocolate Tabanan cake yang memang dibuat dari cokelat lokal Bali.

Kreasi lainnya antara lain Cheesecake legendaris dari The Plaza New York dan Lemon Merengue dari Fairmont Royal York Toronto. Juga Chocolate Hazelnut Almond dari Fairmont Singapore, Raspberry Delight dari Fairmont Dubai, Raspberry Cream Macaroon dari Fairmont Barcelona, Pistachio Layer Cake dari Fairmont Monte Carlo, Lychee Mousse Tart dari Fairmont Shanghai, dan Mud Brownies dari Fairmont San Francisco.

Nikmati Afternoon Tea dengan Kue Ikonik dari 10 Negara di Lounge IniFoto: dok. detikFood

Afternoon tea juga dilengkapi scones hangat dan aneka sandwich gurih seperti ham panini dan Tomato Bocconcini. Ada juga pelengkap wine Cava de Codorniu dengan harga tambahan.

The World of Fairmont Afternoon Tea tersedia setiap hari mulai jam 1 siang - 5 sore seharga Rp. 488.000 ++ per set termasuk dua cangkir teh. Untuk tambahan wine sebesar Rp 350.000 ++ untuk dua gelas. Informasi atau pemesanan lebih lanjut bisa menghubungi +62 (21) 2970 3333 atau email diningreservations.jakarta@fairmont.com.

(adr/odi)