Promosikan Pecel Mangunsuman Ratusan Pincuk Nasi Pecel Dibagikan Gratis

Charolin Pebrianti  - detikFood Minggu, 10 Feb 2019 18:21 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Ponotogo - Pagi tadi tampak berbeda di Pasar Pon yang berada di Kelurahan Mangunsuman, Kecamatan Siman. Puluhan tikar digelar di lahan parkir pasar.

Matahari terik tak menyurutkan niat warga yang ingin makan pecel gratis. Ada 500 pincuk pecel yang dibagikan gratis. Hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kuliner khas Mangunsuman yakni nasi pecel. Sebab, masyarakat Mangunsuman memang terkenal sebagai penjual nasi pecel.

"Ini sebagai pengenalan kepada masyarakat bahwa ada pecel Mangunsuman," tutur Lurah Mangunsuman Suharto kepada wartawan, Minggu (10/2/2019).


Promosikan Pecel MangunsumanRatusan Pincuk Nasi Pecel Dibagikan Gratis  Masyarakat menikmati nasi pecel gratis. Foto.: Charolin Pebrianti /detikcom

Suharto menjelaskan di kelurahannya terdapat 15 sentra kuliner pecel. Ada beraneka inovasi pecel yang diciptakan warganya demi menarik minat pembeli. Disini pun pembeli bisa menjumpai penjual nasi pecel selama 24 jam non stop.

"Di sini ada pecel kepleh, pecel tumpuk dan lain-lain," terang dia. Suharto menerangkan pecel kepleh misalnya terdapat tempe yang digoreng setengah matang atau yang biasa disebut kepleh karena masih lentur. Lalu adapula pecel tumpuk yakni olahan nasi pecel yang ditumpuk-tumpuk dengan nasi pecel lagi.

"Ada juga nasi pecel lento, lento itu sejenis lauk yang terbuat dari singkong yang dibumbui, dibentuk bulat lonjong dan digoreng," papar dia.

Promosikan Pecel MangunsumanRatusan Pincuk Nasi Pecel Dibagikan Gratis  Semua orang bisa menikmati pecel Mangunsuman khas Ponotogo. Foto: Charolin Pebrianti /detikcom

Sementara itu, penggagas acara Lisdyarita menambahkan pihaknya sengaja menggelar acara bagi-bagi nasi pecel gratis ini untuk menarik minat masyarakat agar mau membeli pecel di Mangunsuman.

"Apalagi tahun 2019 ini kan tahun wisata, diharapkan masyarakat tidak hanya menikmati destinasi wisata alam dan budaya saja di Ponorogo tapi juga bisa menikmati wisata kuliner," tegasnya.

Pantauan detikfood, setidaknya ada ratusan masyarakat yang rela antri sejak pukul 07.00 WIB demi mendapatkan satu bungkus nasi pecel gratis. Tidak hanya bapak-bapak, acara ini juga diikuti oleh ibu-ibu dan anak-anak. Baru satu jam digelar, 500 pincuk pecel langsung ludes. Mereka pun tampak menikmati pecel yang dibagikan. (odi/odi)