Asian Cooking Class

Ini Rahasia Sukses Masak Ayam Garam dari Chef Yvonne

Devi Setya - detikFood Sabtu, 12 Jan 2019 17:21 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Ayam garam merupakan sajian China autentik yang jadi favorit di banyak restoran. Meskipun tampak sederhana tapi proses membuatnya cukup tricky.

Chef Yvonne dalam acara cooking class bersama detikFood, Kamis (12/1) membeberkan rahasia membuat ayam garam atau Salt Baked Chicken yang enak. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam garam memang terbilang sedikit yakni ayam utuh, lengkuas, bumbu ngohiong atau five spice powder, garam halus dan garam kasar atau garam laut.

Baca juga : Rahasia Masakan China Seenak Bikinan Restoran Dibocorkan oleh Chef Yvonne

Ini Rahasia Sukses Masak Ayam Garam dari Chef YvonneFoto: detikfood

Chef Yvonne mengatakan ayam yang digunakan bisa ayam kampung maupun ayam negeri. Kali ini juga Chef Yvonne menunjukkan cara membuat memakai kedua jenis ayam ini. 'Supaya nanti bisa mencicipi keduanya dan membandingkan rasanya,' ujarnya.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengolesi ayam dengan irisan lengkuas. "Lengkuas cukup dibelah lalu olesi ke seluruh permukaan ayam. Fungsinya supaya harum," kata Chef yang lahir dan besar di Shanghai ini.

Ini Rahasia Sukses Masak Ayam Garam dari Chef YvonneFoto: detikfood

Setelah lengkuas diolesi, selanjutnya ayam diberi taburan garam dan didiamkan untuk marinasi selama 30 menit. Sebelum marinasi dengan lengkuas dan garam, ayam harus lebih dulu dikeringkan yakni dicuci lalu dilap hingga kering.

Sambil menunggu proses marinasi, Chef Yvonne membuat racikan garam. Ia mencampur garam kasar dengan bumbu ngohiong. Tujuannya agar menghasilkan aroma harum. Garam kasar atau garam laut yang dibutuhkan ini dalam jumlah banyak. Kemudian langkah selanjutnya yakni membungkus ayam dengan baking paper atau kertas roti dengan lipatan seperti kue pisang. Lalu tengahnya diikat dengan tali kasur hingga rapat.

Ia kemudian membuat kantung dari aluminium foil. Kantung ini digunakan untuk menaruh ayam yang lalu dituangi garam yang sudah dicampur bumbu ngohiong.

Ini Rahasia Sukses Masak Ayam Garam dari Chef YvonneFoto: detikfood

Untuk mematangkannya, ayam harus dipanggang selama 45 menit dalam suhu 200 derajat celsius. "Sebelum ayam masuk, pastikan oven sudah panas ya," kata Chef Yvonne mengingatkan.

Setelah 45 menit, ayam bisa langsung diangkat namun harus didiamkan dulu selama 30 menit sebelum dibuka dan disajikan. Kulit ayam jadi kekuningan kering sementara bagian dalamnya empuk juicy dan harum. Ayam garam paling enak disantap saat masih hangat. (dvs/odi)