Hidangan Manis Jadi Favorit Warga Filipina Rayakan Tahun Baru

Akfa Nasrulhaq - detikFood Rabu, 09 Jan 2019 08:04 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Pergantian tahun yang baru saja dilalui, sering dirayakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Namun, perayaan pergantian tahun tentu tidak terlepas dengan makan-makan.

Makanan yang disantan pun tak mesti membuat dadakan dengan berkumpul bersama keluarga ataupun teman. Adakalanya dengan berbagai kesibukan atau ingin menikmati aktivitas lain, maka memesan makanan menjadi salah satu pilihan.

Salah satu warga di negara Filipina juga ada yang menyambut Tahun Baru dengan memesan makanan yang sebagian besar adalah hidangan manis. Bahkan jasa layanan pesan antar makanan tersebut, yakni GrabFood mencatat salah satu warga Filipina menghabiskan uang hingga ratusan ribu untuk perayaan malam tahun baru.

"Di Filipina, pesanan GrabFood terbanyak pada malam tahun baru senilai 2.400 peso atau Rp 651.700," tulis Grab dalam keterangannya, Selasa (8/01/2019).

Dengan tingginya transaksi tersebut, pengguna GrabFood tersebut masuk dalam kategori pesanan GrabFood terbanyak yang dilakukan pada malam Tahun Baru di Filipina.

Adapun pesanan tersebut merupakan sajian makanan yang sudah cukup populer di Filipina, yakni Goldilocks. Goldilocks memang merek yang populer di Filipina dan makanannya pun dikenal enak. Kios Goldilokcs sudah bertebaran di banyak tempat di mal-mal di Filipina. Adapun makanan-makanan yang sebagian besar hidangan manis yang diborong lewat GrabFood adalah sebagai berikut:

Kue Coklat

Kue coklat yang lembab dan penuh dengan isi mousse cokelat dan krim kocok. Es dengan krim kocok cokelat dan ditutup dengan cokelat ganache. Di atasnya ada toping bunga cokelat dan tongkat cokelat. Sisi-sisinya dihiasi oleh segitiga cokelat marmer yang dibatasi dengan krim kocok cokelat bundar.

Lumpia

Lumpia ini terdiri dari wortel tumis, ubod, singkama, dan potongan daging babi, dibungkus pembungkus lumpia segar dan disajikan dengan saus kacang manis. Ada juga ukuran untuk pesta berisi 20 buah.

Lasagna

Pasta panggang dari mie lasagna, ditumpuk dengan daging tomat dan saus putih krem. Di atasnya ditaburi dengan parutan keju dan peterseli kering.

Dinuguan

Dinuguan diambil dari kata dugo yang berarti darah. Suku Ilocanos di Filipina menyebut masakan ini dinardaraan. Rebusan daging dan jeroan babi Filipina yang gurih, dimasak dengan cuka dan darah babi, dan hiasi dengan cabai hijau. Masakan ini mirip dengan saksang- tetapi menggunakan lebih banyak darah. (idr/idr)