Resep Pandan Kelapa Cookies untuk Penderita Alergi Gluten

Nabilla Putri - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 10:28 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Alergi gluten atau celiac disease merupakan penyakit autoimun yang menyerang sistem pencernaan. Ketika mengonsumsi asupan gluten, penderita celiac disease tidak bisa menyerap nutrisi gluten dengan baik. Akibatnya, bisa merasa lemas hingga mengalami diare dan anemia.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr. Helmin Agustina Silalahi menyarankan agar penderita celiac disease mengganti bahan dasar aneka makanan seperti kue dan roti dengan tepung kelapa.

"Penderita celiac bisa mengonsumsi olahan pangan yang mengandung tepung kelapa karena tidak mengandung gluten. Sehingga tidak memancing reaksi tubuh," ujar dr. Helmin kepada detikFood, Senin (7/1/2019).



Tepung kelapa juga memiliki banyak manfaat yang menyehatkan. Kandungan serat pangan yang tinggi pada tepung kelapa berfungsi membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol gula darah. Tepung kelapa juga mengandung lemak jenuh baik dalam bentuk trigliserida rantai menengah yang membantu meningkatkan pembakaran penyimpanan lemak.

"Secara komposisi dan tekstur, tepung kelapa dapat menggantikan tepung dari gandum. Selain alami dan gluten free, tepung kelapa kaya serat, protein nabati, mineral, dan mengandung lemak baik," jelasnya.



Penderita celiac disease bisa membuat kue dan roti menggunakan H2 Tepung Kelapa yang dibuat dari daging kelapa matang dan segar serta dikemas secara higienis. Berikut rekomendasi resep kue nikmat yang dibuat dari tepung kelapa.

Pandan Kelapa Cookies

Bahan-bahan:
175 g margarin
125 g gula tepung
1/4 sdt garam
2 kuning telur
1 sdm santan kental instan
50 g H2 Tepung Kelapa
225 g tepung terigu protein rendah
40 g maizena
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt esens pandan
2 tetes pewarna hijau

Pelapis:
50 g H2 Tepung Kelapa

Cara Membuat:
1. Kocok margarin, gula tepung, dan garam sampai lembut selama 1 menit. Masukkan kuning telur dan santan kental instan, lalu kocok rata
2. Masukkan tepung kelapa, aduk rata. Tambahkan tepung terigu, maizena, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata
3. Bentuk bulat, gulingkan di tepung kelapa. Letakkan di loyang yang telah dioles tipis dengan margarin. Tekan adonan dengan garpu
4.Panggang dalam oven 25 menit dengan suhu 150 °C hingga matang. Angkat dan dinginkan sejenak, simpan di dalam wadah kedap udara (mul/mul)