Gurihnya Mantap! Bakso Jeroan Khas Warung Bakso Satuman

Suparno Nodhor - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 10:00 WIB
Foto: Suparno Nodhor Foto: Suparno Nodhor
Sidoarjo - Meski sama-sama dari daging sapi, jajan bakso di warung bakso ini lebih memuaskan. Bisa pilih sendiri baksonya dan variannya sangat banyak. Dijamin puas!

Bakso sapi di warung bakso Satuman di Sidoarjo ini dikenal punya sensasi yang beda dengan bakso-bakso lain. Bisa jadi Anda bingung memilih baksonya karena di warung bakso ini disajikan berbagai varian bakso.

Seperti bakso keju, bakso mercon, bakso telur, bakso urat, bakso krikil, bakso ranjau, bakso puyuh, bakso jamur, bakso keju, bakso jagung, bakso telur, dan bakso jumbo. Semuanya dibuat segar dan disajikan sesuai pilihan pembeli.

Gurihnya Mantap! Bakso Jeroan Khas Warung Bakso SatumanFoto: Suparno Nodhor


Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 3.500, Rp 7.500?hingga Rp 25.000 untuk bakso jumbo. Warung bakso ini, memiliki cabang di tempat lain seperti di Tulangan, Perum Taman Jenggala Larangan, Candi, di Tanggulangin, Gelam, dan di stand Transmart Sidoarjo.

Yang unik bakso Satuman punya bakso ati, bakso daging sapi yang digiling dan dicampur dengan hati. Varian ini tidak ditemukan di tempat lain. Bagi pecinta jeroan, bakso ini wajib dicicipi karena rasa gurihnya mantap.

"Kami memulai jualan bakso perama kali dengan gerobak dorong baru tahun 1986, mampu membeli bedak, tapi yang kami sajikan hanya satu varian saja," kata Satuman kepada detikcom di Warungnya di Larangan Candi Sidoarjo, Senin (6/1/2019).

Gurihnya Mantap! Bakso Jeroan Khas Warung Bakso SatumanFoto: Suparno Nodhor

Tak hanya tampilannya yang sedap dipandang mata, rasa baksonya juga sangat gurih mantap dengan rasa kuat daging sapi. Karena terbuat dari seratus persen daging sapi. Makanya banyak penggemar bakso ketagihan gurih enaknya.

"Kami jual bakso seporsi mulai Rp 12 ribu, hingga Rp 25 ribu, itu hanya bakso saja, kalau pembeli ingin lebih lengkap ditambahi gorengan itu hanya tambah Rp 1500 perbiji," tambah Satuman.

Dan uniknya lagi cara penyajian baksonya itu tergolong berbeda dengan warung bakso yang lain. Bakso di warung ini disajikan berkonsep prasmanan, sehingga pembeli dapat menyiapkan baksonya sendiri. Pembeli bisa pilih jenis varian bakso yang sudah tersedia.

Gurihnya Mantap! Bakso Jeroan Khas Warung Bakso SatumanFoto: Suparno Nodhor

"Dengan konsep seperti ini pembeli merasa puas, selain puas merasakan bakso yang enak, juga puas memilih menurut seleranya masing-masing," terang Satuman.

Tak perlu sampai merogoh kantong dalam-dalam untuk menyantap bakso ini, hanya mengeluarkan uang mulai Rp 3.500, Rp 7.500, bila ingin menikmati bakso jumbo hanya Rp 25.000. Selain itu disediakan minuman gratis, namun disediakan pada hari-hari tertentu. Yakni hari Senin dan Kamis, untuk hari Jum'at libur.

"Kalau saat ini setiap harinya untuk membuat bakso menghabiskan 3 sampai 3,5 kwintal daging sapi," jelas Satuman.

Gurihnya Mantap! Bakso Jeroan Khas Warung Bakso SatumanFoto: Suparno Nodhor

Sementara itu, salah satu pengunjung, Dwi Julianti (23) warga Sidokare Sidoarjo mengaku sering datang ke warung bakso Satuman rasanya sangat mantul (mantap betul) "Kami bersama teman-teman satu perumahan paling sering datang ke warung ini, terutama yang paling aku suka bakso jumbo," kata Dwi kepada detikcom.

Sementara itu di tempat yang sama Nurul (25) warga Sidoarjo mengatakan, makanan berkuah yang paling disukai afalah bakso. Warung ini sangat cocok buat sekeluarga. Dalam sebulan 7 hingga 8 kali mampir di warung ini.

"Rasanya nikmat sih mas, jadi dalam sebulan sampai 7 hingga 8 kali makan bakso ini," tandas Nurul.

(lus/odi)