Malam Tahun Baru, Orang Vietnam Rela Bayar Mahal Beli Makanan India

Muhammad Idris - detikFood Selasa, 08 Jan 2019 06:56 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makanan India memiliki banyak penggemar di Asia Tenggara. Kuliner dengan banyak campuran rempah ini banyak diminati lidah di luar negara asalnya, salah satunya di Vietnam.

Di negara beribukota Ho Chi Minh ini, makanan India banyak dipesan selama malam tahun baru lewat platform GrabFood. Di Vietnam, pesanan GrabFood terbanyak pada malam tahun baru bernilai 1.604.900 dong atau senilai Rp 974.834 untuk sepaket makanan khas India.

Harga tersebut untuk sebuah pesanan terdiri dari nasi basmati, ayam tikka masala, ayam punjabi, ayam labadar, roti tandoori dan naan mentega. Nasi Basmati sendiri merupakan nasi dengan ciri khas panjang serta terasa agak perah yang disajikan dengan kombinasi rempah.


Malam Tahun Baru, Orang Vietnam Rela Bayar Mahal Beli Makanan IndiaFoto: iStock

Di Malaysia dan Singapura, Basmati cukup mudah ditemukan di banyak teman mengingat banyaknya populasi keturunan India di kedua negara tersebut. Basmati juga banyak diminati warga Vietnam.

Dijual sepaket dengan nasi basmati, salah satunya adalah ayam tikka masala. Kuliner yang juga berasal dari Pakistan ini umumnya disajikan dalam potongan kecil ayam tanpa tulang lalu dipanggang dengan tusukan sate dalam oven tanah liat (tandoori), kemudian setelahnya melumeri ayam dengan yoghurt dan bumbu-bumbu.

(ega/odi)