Sajian Ayam Rajai Pesanan GO-FOOD 2018, Makanan Sehat Diprediksi Jadi Favorit Tahun Ini

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Jan 2019 16:55 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Hidangan ayam menjadi primadona kuliner di Indonesia di tahun 2018. Sementara di 2019, tren kulinernya akan berubah menjadi tren makanan sehat dan jajanan unik.

GO-FOOD sebagai platform kuliner online dari GOJEK, merupakan salah social proven personalized food expert. Atau ahli kuliner yang menggabungkan data statistik dan penelitian, dalam mencari tren makanan terbaru di tahun 2019.
Sajian Ayam Rajai Pesanan GO-FOOD 2018, Makanan Sehat Diprediksi Jadi Favorit Tahun IniFoto: detikFood

Baca Juga: Infused Water' dan Ekstrak Daun Ganja Diprediksi Tetap Jadi Tren 2019

Keberhasilan GO-FOOD sebagai platform yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk berwisata kuliner online. Membuat GO-FOOD melalui analisis data besar di tahun 2018, membuat prediksi tentang tren kuliner dan pertumbuhan makanan di tahun 2019.

Bertempat di GO-CAFE, Jakarta Selatan siang ini (07/01), Aristo Kristandyo selalu VP Marketing GO-FOOD dan Catherine Hindra Sutjahyo selaku Chief Commercial Expansion GOJEK, membagikan prediksi mereka tentang tren kuliner di Indonesia sepanjang tahun 2019.

"Di tahun 2018, GO-FOOD tercatat mengirimkan lebih dari 500 juta pesanan makanan ke semua pelanggan setia. Diantaranya yang paling banyak dipesan ada aneka hidangan ayam, seperti ayam goreng, ayam geprek, ayam pedas, dan lainnya," jelas Aristo kepada detikFood.
Sajian Ayam Rajai Pesanan GO-FOOD 2018, Makanan Sehat Diprediksi Jadi Favorit Tahun IniFoto: detikFood

Selain ayam, kopi serta mie menjadi menu pilihan kedua yang paling sering dipesan.Dengan tingkat pemesanan rata-rata di atas satu juta kali. Kemudian martabak dan gorengan, menjadi camilan populer sepanjang tahun 2018 di Indonesia.

"Pola makan orang indonesia suka kulineran via online. Inilah tren yang kami rekam, sehingga kami ingin menyuguhkan konten ini ke masyarakat Indonesia." Tutur Aristo.

Sementara dalam penentuan tren kuliner 2019, GO-FOOD menggunakan analisis data, salah satunya dengan rekam jejak makanan yang paling banyak dicari di GO-FOOD, termasuk makanan yang paling banyak dipesan. Dari semua data ini, kemudian ditarik untuk menyuguhkan rekomendasi kepada pelanggan sesuai selera mereka, hingga menentukan tren kuliner yang baru.

"Tren makanan tetap sama seperti tahun 2018. Hidangan ayam dan nasi akan tetap populer. Tapi prediksi untuk tahun 2019, justru makanan sehat yang akan menjadi tren. Apalagi kebanyakan orang punya resolusi makan sehat di awal tahun, sehingga kini makanan sehat lebih diminati," jelas Catherine.
Sajian Ayam Rajai Pesanan GO-FOOD 2018, Makanan Sehat Diprediksi Jadi Favorit Tahun IniFoto: detikFood

Hal ini berdasarkan meningkatnya pencarian kata kunci jenis kuliner makanan sehat, seperti salad, greentea, burger sushi dan lainnya. Selain makanan sehat, tren kuliner 2019 juga akan berputar di jajanan unik.

"Jajanan unik ini bentuknya mirip seperti fusion, misalnya burger dicampur sushi. Atau mie goreng disulap menjadi donat. Terus makanan yang bentuknya unik dan lucu, akan menjadi tren di tahun ini," jelasnya.

Jajanan unik dan makanan sehat nampaknya akan jadi tren kuliner di tahun 2019.

"Dari data ini ditunjukkan, bahwa masyrakat Indonesia lebih mudah menerima dan mencoba jenis makanan baru. Apalagi ditambah dengan kehadiran GO-FOOD, yang memudahkan banyak orang untuk berwisata kuliner online dengan praktis dan mudah," pungkas Catherine.

Baca Juga: Apakah Air Zamzam Akan Jadi Tren Minuman Sehat 2019? (dvs/odi)