Tahun Baru, Kwetiau Goreng nan Lezat Diborong Sampai 40 Porsi

Mustiana Lestari - detikFood Senin, 07 Jan 2019 15:15 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Tahun Baru tak melulu identik dengan ikan bakar, jagung bakar, ataupun barbeku. Belakangan diketahui bahwa berdasarkan data dari Grab, ternyata orang Indonesia ada juga yang gemar memesan kwetiau goreng.

Tak main-main sebanyak 40 kwetiau goreng dipesan di Indonesia dengan nilai mencapai Rp 1.520.000. Memang seistimewa apa ketiaw goreng? dan mana yang jadi favorit di Jakarta? Berikut ulasannya.

1. Kwetiau Akang

Kwetiau Akang disebut-sebut sebagai kwetiau favorit mendiang Bondan Winarno. Gerainya ada 6 di Jakarta termasuk di kawasan Pondok Indah dan Mall fX Sudirman. Kwetiau di sini tersohor dengan porsinya yang royal.

Kwetiau Akang punya menu andalan Kwetiau Goreng Seafood dan Kwetiau Goreng Spesial. Menu lainnya kwetiau goreng sapi, kwetiau tomat seafood, kwetiau siram seafood, dan mie tomat.

Kwetiau goreng seafood seharga Rp 44.000 hadir dalam porsi melimpah. Tampilan kwetiaunya pucat, tidak terlalu kecokelatan dan sedikit basah. Nampak ada irisan sawi, tauge, udang, cumi, otak-otak, dan bakso ikan 'bersembunyi' di antaranya.

Kwetiau khas Medan ini menghadirkan rasa dominan gurih dengan jejak manis yang enak.

2. Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar

Tempat makan kwetiau ini sering disebut kwetiau sapi Mabes yang merujuk pada singkatan lokasi utamanya di Mangga Besar. Racikan ternamanya adalah kwetiau sapi.

Meski begitu ada juga kwetiau sirem, bun, dan yam. Bisa pilih dalam versi polos, plus bakso sapi, atau telur saja. Seporsi kwetiau goreng di sini harganya Rp 55.000, sementara kwetiau goreng spesial Rp 82.000.

Racikan Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar terasa lembut dan mulur dengan jejak rasa asin dan manis yang enak. Aneka toppingnya juga ditambahkan dalam jumlah royal, seperti daging sapi yang empuk gurih. Cocok untuk porsi makan siang mengenyangkan.

3. Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61

Jangan kaget dengan antrian panjang di restoran ini. Menu kwetiaw yang berada di sini, sudah terkenal cita rasanya. Porsinya juga royal, bisa untuk disantap oleh dua orang. Kalau suka yang hangat dan berkuah, kwetiaw siramnya juga tak kalah enak. Kwetiaw siram bisa dipadukan dengan irisan daging sapi lembut, atau babat kikil kenyal. (mul/mpr)