Nasi Campur Bali Warung Wardani Kini Bisa Dicicipi di Jakarta

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 14 Des 2018 19:00 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Jakarta - Nasi Bali racikan Warung Wardani banyak disukai orang karena kelezatannya. Kini Anda bisa mencicipi nasi Bali Warung Wardani di Cempaka Putih.

Nasi campur tak hanya mudah ditemui di pulau Jawa, Bali juga punya nasi campur berlauk komplet. Bedanya, di sana nasi campur terdiri dari nasi putih lawar sayur, ayam besisit, sate lilit, telur pindang, dan sambal. Tapi tiap penjual punya bergam lauk punya andalan.

Begitupun dengan nasi campur milik Warung Wardani. Warung makan itu sudah sangat legendaris. Warung ini sudah ada sejak tahun 80-an dan berlokasi di Jl. Yudistira No.2, Denpasar, Bali.

Nasi Campur Bali Warung Wardani Kini Bisa Dicicipi di Jakarta Foto: dokdetikFood
Kini, Warung Wardani hadir di Transmart Cempaka Putih. Menempati satu tempat di dekat lobby Transmart, membuat Warung Wardani terlihat berbeda dibanding restoran lainnya. Nuasansa Bali terasa karena adanya payung tedung Bali di beberapa sudut restoran.

Warung makan itu disulap menjadi sebuah restoran dengan interior modern dan cozy. Karenanya cocok sebagai tempat hangout.

Sama seperti Warung Wardani Bali, restoran ini juga menghadirkan nasi campur. Andalannya Nasi Campur Wardani 7 Topping yang dibanderol dengan harga Rp 70.000. Sesuai namanya, menu itu berisi lauk ayam bakar suwir bumbu merah, telur pindang, krispi tempe dan kentang, dendeng sapi, udang krispi, sayur labu plus nangka serta sate sapi dan sate lilit.

Nasi Campur Bali Warung Wardani Kini Bisa Dicicipi di Jakarta Foto: dokdetikFood
Untuk telur pindang, tidak memakai telur ayam tetapi telur bebek. Sedangkan sate sapinya terbuat dari daging sapi segar yang tak melalui proses pembekuan. Sayurnya sendiri direbus dengan kaldu ikan dan daging sapi sehingga menghasilkan citarasa gurih yang enak.

Yang istimewa ialah ayam suwir bumbu merah. Daging ayamnya juicy dan lembut. "Ayam suwirnya itu diproses khusus. Jadi dibakar dalam kondisi utuh tapi sudah dimarinasi lalu dicampur dengan bumbu yang sudah dibuat sebelumnya, ini resepnya khusus. Sengaja dibakar keseluruhan agar mendapat kaldu dari tulang sehingga rasanya lebih juicy," jelas Chef Wiji Mulyono selaku Executive Chef Trans F&B saat ditemui detikFood (12/12/18).

Nasi Campur Bali Warung Wardani Kini Bisa Dicicipi di Jakarta Foto: dokdetikFood
Citarasa dari udang yang renyah dan bisa dimakan berikut ekornya juga sangat manjakan lidah. Hal itu didapat dari penggunaan jenis udangnya. Chef Wiji menuturkan, "Udangnya khusus karena nggak semua udang bisa dibuat krispi. Jadi kita pakai udang laut bukan udang tambak. Kalau udang tambak tak bisa secerah dan segaring ini."

Semua lauk makin enak jika dimakan dengan sambal terasi berwarna merah yang pedas menggigit. Rasa dan aromanya sangat khas karena terbuat dari terasi yang didatangkan langsung dari Bali. Warung Wardani juga dikenal sebagai warung dengan sajian makanan halal di Bali juga di Jakarta.

Nasi Campur Bali Warung Wardani Kini Bisa Dicicipi di Jakarta Foto: dokdetikFood
Warung Wardani tawarkan promo sampai dengan hari ini, Nasi Wardani 4 topping dengan harga Rp 25.000 dari harga normal Rp 45.000. Selain nasi campur, restoran ini juga menyediakan bebek garing, ayam taliwang hingga rawon dan soto koya. (dwa/odi)