Bisa Ngopi Gratis dan Seseruan di 'Ngopi Saraosna' Volume 6

Mochamad Solehudin - detikFood Sabtu, 13 Okt 2018 07:57 WIB
Foto: Mochamad Solehudin/detikcom Foto: Mochamad Solehudin/detikcom
Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali menggelar 'Ngopi Saraosna' (Ngora) Volume 6. Berbagai kegiatan dan hiburan menarik disiapkan untuk warga yang hadir.

Seperti pada acara sebelumnya, Ngora Volume 6 mengambil tempat di area halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Acara ini akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 12-13 Oktober 2018.

Setiap sesinya, Ngora selalu menghadirkan kemeriahan berbeda. Puluhan gerai penjual kopi berderet, diselingi gerai informasi yang memberikan berbagai informasi kepada pengunjung mengenai cara mengolah sampai menyeduh kopi yang baik.


Bisa Ngopi Gratis dan  Seseruan di 'Ngopi Saraosna' Volume 6Suasan meriah Ngopi Saraosna Volume 6 di Gedung Sate. Foto: Mochamad Solehudin/detikcom

Berdasarkan pantauan detikcom di lapangan, sejak siang sejumlah warga mulai memadati lokasi acara. Mereka terlihat begitu antusias menikmati berbagai pagelaran yang disajikan dalam acara tersebut.

Sejumlah tenan yang menjual berbagai jenis kopi juga nampak mulai diserbu oleh para penggemarnya.Tidak hanya itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyempatkan diri untuk menyajikan kopi secara langsung kepada masyarakat.

Para pengunjung yang hadir langsung berebut untuk mendapatkan seduhan kopi pertama dari orang nomor satu di Jawa Barat. Hal ini sekaligus menandai dibukanya acara Ngora Volume 6. Semakin sore suasana semakin meriah

Bisa Ngopi Gratis dan  Seseruan di 'Ngopi Saraosna' Volume 6Gubenur Jabar Ridwan Kamil meresmikan pembukaan Ngora. Foto: Mochamad Solehudin/detikcom
"Sekarang kopi ini adalah komoditi paling dicari, maka kompetitif menjadi sebuah ukuran. Nah, Jawa Barat karena sejarahnya dulu penghasil kopi, lima tahun ke depan harus dibangkitkan lagi menjadi provinsi kopi terbaik dunia lah ya," kata pria yang akrab disapa Kang Emil, di lokasi acara, Jumat (12/10/2018).

Melalui acara Ngora ini, menurut Emil, diharapkan menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kejayaan kopi asal Jawa Barat. Selain itu, berbagai cara juga akan didorong agar kopi Jawa Barat bisa lebih mendunia.

"Kita bentuk forum kopi Jawa Barat sehingga mereka yang memiliki teknologi canggih, ilmu dagang yang hebat kita kombinasikan ke level petani. Saya enggak mau petani yang tidak sejahtera kalah oleh broker," ucapnya.

Dia menargetkan dalam tiga tahun kopi Jawa Barat bisa dinikmati oleh para penggemar kopi dunia. Emil dengan tegas, akan turun tangan secara langsung agar setiap program untuk mendongkrak nilai ekonomi kopi Jawa Barat berjalan baik.

"Termasuk pemasaran berbagai level, termasuk punya kafe seperti Starbucks tapi kopinya dari Jabar yang di seluruh dunia. Saya cari pengusaha yang punya kafe, cuma saya titip kopinya full 100 persen Jabar yang segala aneka dari umum sampai spesial," ujarnya.

Bisa Ngopi Gratis dan  Seseruan di 'Ngopi Saraosna' Volume 6Ridwan Kamil menyeduh kopi dan melayani pengunjung Ngora. Foto: Mochamad Solehudin/detikcom

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Jabar Azis Zulficar menambahkan, Ngora Volume 6 ini merupakan acara untuk mempertemukan antara pengusaha kopi dengan para pembeli. Selain itu ada juga edukasi melalui workshop kepada masyarakat tentang kopi. "Terus Ngora saat ini memiliki kebaruan yaitu setiap produk yang dibeil cashless. Agar data transkasi bisa terlihat," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, ada lebih dari 80 tenan yang ada di Ngora Volume 6. Rata-rata yang ikut dan mengisi tenan merupakan petani dan beberapa industri kopi kelas menengah.

"Rata-rata petani yang kita undang karena ingin menaikan kopi brand Jabar. Sesuai tema duniakan kopi Jawa Barat," ucapnya.

Selain acara kopi, di hari pertama digelar juga lelang sejumlah produk lokal kreatif. Hasil lelang tersebut disumbangkan kepada korban bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Juga dibagikan 10.000 cup kopi gratis yang disediakan selama dua hari untuk masyarakat. Kopi tersebut merupakan hasil sumbangan dari setiap tenan.

"Besok juga akan ada hiburan, dari band-band ternama. Seperti Dmasiv, Sore Band dan beberapa pengisi acara lainnya," ucapnya.

(odi/odi)