Pedas Mantap Ayam Geleshan dan Hot Pot Autentik Szechuan

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 12 Okt 2018 12:23 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
FOKUS BERITA Hidangan China Populer
Jakarta - Kalau mau makan sajian China yang pedas, sajian khas Szechuan bisa jadi pilihan tepat. Rasa pedasnya menggigit tajam dan bisa bikin lidah kebas. Huaah!

Berbeda dengan masakan Kanton, masakan dari provinsi Szechuan di China menghadirkan rasa yang berbeda. Kelebihan sajian khas Szechuan ialah rasa pedasnya. Rasa pedasnya yang khas berasal dari mala.

Mala atau lebih dikenal dengan Szechuan pepper atau lada Szechuan memberi rasa pedas yang bisa membuat lidah kebas. Bentuk dan rasanya hampir serupa dengan andaliman. Namun mala hanya tumbuh di China.

Ada tiga sajian Szechuan yang populer dan terkenal akan kelezatan dan rasa pedasnya. Pertama ada, Szechuan hot pot. Kuah hot potnya berwarna merah dan terdapat semburat minyak serta rempah merah di dalamnya. Biasanya, kuahnya terbuat dari kaldu ayam dan sapi, cabai, mala, gula kristal China, dan anggur, irisan jamur, serta daging.

Pedas Mantap Ayam Geleshan dan Hot Pot Autentik SichuanFoto: Istock
Selain hidangan berkuah, Szechuan juga dikenal dengan hidangan tumisnya. Salah satu yang sangat dikenal kelezatannya ialah Laziji atau Ayam Geleshan. Ayam goreng tepung yang ditumis dengan mala, potongan cabe Szechuan kering, pasta kacang, paprika, bawang putih, dan jahe. Ayam goreng tepung yang renyah berpadu dengan pedasnya cabe kering dan mala. Pencinta pedas dijamin suka dengan sajian ini. Tak hanya ayamnya saja yang renyah, tapi potongan cabai keringnya pun renyah.

Selain tumisan dan hidangan berkuah, ada hidangan Szechuan berkuah kental bernama Mapo Tofu. Tofu yang lembut direbus lalu ditiriskan. Lalu dimasak dengan kaldu ayam dan dengan sayur asin. Kemudian ditumis dan diberi bumbu khas Szechuan dan diberi pengental larutan maizena.

Pedas Mantap Ayam Geleshan dan Hot Pot Autentik SichuanFoto: Istock
Namun, ada satu sajian yang disantap sebagai appetizer oleh masyarakat Szechuan. Sebelum mulai makan, mereka menikmati hot and sour soup. Konon sup berkuah cokelat, berisi jamur ini bisa menambah nafsu makan.

Hal itu pun diungkap oleh chef Arvin Ai dari Hilton Chengdu. "Biasanya, orang di Szechuan makan hot and sour soup sebagai menu pembuka. Setelah makan ini, biasanya orang bisa tambah satu mangkuk (nasi). Penambah nafsu makan," jelas Chef Arvin Ai pada detikFood (8/10).
Pedas Mantap Ayam Geleshan dan Hot Pot Autentik SichuanFoto: dokdetikFood
Kalau ingin mencicip sajian khas Szechuan yang pedas mantap, datangi saja OPEN} Restaurant di Hotel Double Tree, Jakarta. Karena mulai tanggal 8-14 Oktober 2018, di sana terdapat beberapa kreasi hidangan Sichuan Chef Arvin Ai dan Chef Victor Jiang. Seperti Ayam Rebus dengan Saus Pedas Chengdu, Hot Pot, Daging Sapi Iris dan OX Organs dengan Saus Cabai, Ayam Pedas Geleshan, Ayam Mangkuk Tianfu, dan Old Altar Sauerkraut and River Fresh.

Hampir semua sajian dibumbui dengan mala. Namun kepedasannya dikurangi kurang lebih 20 persen dibanding hidangan asli Sichuan.

Untuk mencicip seluruh hidangan Szechuan lezat sepuasnya, cukup siapkan kocek sebesar Rp 408.000++ untuk tiap orang. Untuk reservasi dan info lebih lanjut, hubungi 021 3190 4433 atau JakartaDiponegoro.DoubleTree.com. (dwa/odi)
FOKUS BERITA Hidangan China Populer