Restoran Ini Sajikan 6 Makanan Lokal Berbahan Tempe Non GMO

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 19 Sep 2018 17:32 WIB
Foto: Kaum Jakarta
Jakarta - Konsisten suguhkan masakan khas nusantara, Resto Kaum hadirkan 6 menu baru yang dipadu dengan tempe. Semuanya dibuat dengan kedelai segar dari Arumdalu Farm.

Enam menu itu terbuat dari kacang kedelai serta beberapa sayur segar yang diambil dari Arumdalu Farm. Arumdalu Farm sendiri merupakan perkebunan yang terletak di Tangerang Selatan. Ada banyak sayur dan buah yang ditanam di sana. Mulai dari strawberry hingga beberapa sayuran seperti mustard, sorghum, kacang kedelai hingga lettuce.

Semuanya ditanam dengan cara vertical farm. Teknik tanam ini dibuat oleh Arumdalu Lab dengan nama Your Simple Garden. Karenanya tanaman yang hanya tumbuh di dataran sejuk pun bisa tumbuh di ibukota bersuhu udara cukup panas.

Restoran Ini Sajikan 5 Makanan Lokal Berbahan Tempe Non GMOFoto: Kaum Jakarta
Semua tanaman lokal yang ada di sana dapat dijadikan sajian lokal yang lezat. Hal ini sesuai dengan misi restoran Kaum yang ingin mengenalkan kuliner nusantara ke masyarakat luas. Apalagi sajian kacang kedelai yang populer dan dikenal dunia seperti tempe.

Untuk itu, jaringan restoran Kaum berkolaborasi dengan Arumdalu Farm dan menghadirkan lima menu baru.

"Kita memiliki kesamaan visi, untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati khususnya di bidang makanan khas Indonesia. Arumdalu juga banyak melakukan riset pada berbagaimacam sumber lokal, kita merasa memiliki kesamaan visi," jelas Brand Director Kaum, Lisa Virgiano pada detikFood (19/9).

Enam menu baru yang dihadirkan terbuat dari tempe yang diproduksi oleh Arumdalu Farm. Dimulai dari Tempe Gulung Sambal Kecombrang, Nasi Goreng Tempe Asap, Terong Bakar Saus Pedas Madu, Ayam Bakar Botok Tempe hingga Nasi Goreng Tempe Asap.

Restoran Ini Sajikan 5 Makanan Lokal Berbahan Tempe Non GMOFoto: Kaum Jakarta
"Tempenya, Arumdalu Farm yang buat menggunakan kacang kedelai non GMO," tambah Lisa. Kacang kedelai non GMO sendiri merupakan kacang kedelai lokal yang ditanam secara alami.

Hidangan pertama yang punya tampilan menggoda adalah Tempe Gulung Sambal Kecombrang yang terbuat dari tempe tumbuk, udang, bawang merah, serai, jahe panggang, cabe rawit serta santan dan minyak kelapa. Sehingga, walau tampilannya menyerupai perkedel kentang, citarasanyalebih gurih.

Untuk sajian utama, Nasi Goreng Tempe Asap jadi salah satu menu yang menarik perhatian. Nasi gorengnya dipadu dengan cincangan sayur dan ubi ungu lengkap dengan sate tempe. Sate tempenya terlihat seperti sate daging yang dilumuri saus bbq.

Restoran Ini Sajikan 5 Makanan Lokal Berbahan Tempe Non GMOFoto: Kaum Jakarta
Sedangkan Terong Bakar Saus Pedas Madu berisi terong ungu yang yang diisi dengan cincangan tempe dan diolesi dengan saus pedas manis madu, kemudian dipanggang. Hasilnya, tekstur terong lembut dan segar.

Terakhir, Bolu Tempe Kukus sengaja dihadirkan Kaum sebagai pencuci mulut yang terbuat dari tepung beras ketan dan tempe. Toppingnya pun berisi remahan tempe goreng, gula merah, dan lelehan krim kelapa.

Restoran Ini Sajikan 5 Makanan Lokal Berbahan Tempe Non GMOFoto: Kaum Jakarta
"Semua menu di sini cocok untuk vegetarian. Karena semuanya terbuat dari sayur dan gluten free, kecuali Tempe Gulung Sambal Kecombrang yang dibuat dengan udang dan Ayam Bakar batok Tempe," tutup Lisa.

Semua menu itu dapat dinikmati pengunjung Kaum Jakarta mulai dari 19 September hingga 14 Oktober 2018. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat pemeran 8 rempah dan bahan pangan nusantara yang mulai langka namun tersedia di Arumdalu Lab. (dwa/odi)