ADVERTISEMENT

Kari Massaman dengan Rasa Autentik Thailand Selatan Bisa Dicicipi di Restoran Ini

Dewi Anggraini - detikFood
Selasa, 11 Sep 2018 14:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Ini dia hidangan kari populer asal Thailand Selatan yang punya rasa manis dan sedikit pedas. Karena kelezatannya kari ini masuk dalam menu kerajaan Thailand.

Thailand bagian selatan punya banyak hidangan dengan paduan santan. Ini dikarenakan letaknya yang dekat dengan laut. Sehingga di sana tumbuh banyak pohon kelapa.

Memanfaatkan bahan yang melimpah, merkea akhirnya membuat banyak kreasi sajian yang memakai santan atau pun kelapa parut. Salah satu hidangan khas Thailand Selatan yang sudah populer di mancanegara ialah massaman curry. Hidangan itu bahkan masuk dalam salah satu makanan terenak di Asia versi CNNGo.
Kari Massaman dengan Rasa Autentik Thailand Selatan Bisa Dicicipi di Restoran IniFoto: Shangri-La Hotel Jakarta
Ada banyak rempah yang dipakai dalam pembuatan massaman curry. Mulai dari kunyit, jahe, kayu manis, kapulaga hijau, jinten, cengkeh hingga cabe dan bawang bombay.

Dari pencampuran semua bumbu yang dipakai, warna kari khas Thailand Selatan ini sama seperti kari pada umumnya, yakni berwarna cokelat. Umumnya orang Thailand memakan massaman curry dengan roti. Konon rasanya akan semakin lezat bila disandingkan dengan roti.

Massaman curry hampir mirip dengan kari khas India. Namun memiliki citarasa yang sedikit berbeda. Rasanya lebih manis dan tak terlalu pedas menyengat. Keunikan citarasa sajian itu juga diungkap langsung oleh chef kondang yang lihai membuat sajian tradisional Thailand, Chef Tintrong Naruchit.
Kari Massaman dengan Rasa Autentik Thailand Selatan Bisa Dicicipi di Restoran IniFoto: detikFood

"Sama seperti kari India, tapi (massaman curry) punya rasa yang berbeda. Rasanya lebih manis dan tak terlalu pedas," jelas Chef yang pernah bekerja di Dusit Thani Abu Dhabi, salah satu hotel termewah di Timur Tengah saat ditemui detikFood (10/9).

Hidangan autentik milik Thailand Selatan ini juga disukai oleh keluarga kerajaan Thailand. Tak heran kalau massaman curry masuk dalam Royal Thai Cuisine sejak era Rattanakosin.

Bagi Anda yang ingin mencoba kelezatan massaman curry serta Royal Thai Cuisine lainnya bisa mampir ke SATOO Jakarta. Berkolaborasi dengan Chef Tintrong Naruchit menghadirkan sajian keluarga kerajaan Thailand. Salah satunya menu Mussaman Kae, mussaman curry yang berisi daging kaki domba.
Kari Massaman dengan Rasa Autentik Thailand Selatan Bisa Dicicipi di Restoran IniFoto: Shangri-La Hotel Jakarta
Ada puluhan sajian Royal Thai Cuisine di acara Royal Thai Week ini. Semuanya bercitarasa autentik, walau beberapa rempah Thailand sulit ditemukan di Indonesia.

"Kami menggunakan rempah-rempah khas Thailand. Walau ada beberapa rempah yang tak ditemukan di Indonesia. Tapi kami membuatnya dengan rempah asli sini namun tetap menghadirkan rasa autentik Thailand," tuturnya.

Kari Massaman dengan Rasa Autentik Thailand Selatan Bisa Dicicipi di Restoran IniFoto: Shangri-La Hotel Jakarta
Restoran SATOO di Shangri-La Hotel Jakarta itu menyajikan hidangan Thailand lainnya. Seperti Sotam Gai Yang, Thod Man Goong, Krathong Thong Yam Huapee Goongsod, Tom Yum Goong, Tom Kha Gai, Gaeng Phed Ped Yang Sai Lychee, Pd Thai Goong, Chef Nruchit. Kanom Ka Naam, Khao Niew Mamuang hingga Tub Tim Siam.

Semua sajian bisa dinikmati pengunjung SATOO mulai dari tanggal 10-16 September 2018 baik untuk santap siang maupun malam secara prasmanan. Untuk reservasi dan informasi bisa menghubungi 021 2922 9999 atau kirimkan email ke fbreservation.sj@shangri-la.com.

(sob/sob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT