Rendang dan Gado-gado Sukses Memikat Pengunjung Indonesia Weekend

KBRI London - detikFood Kamis, 06 Sep 2018 15:25 WIB
Foto: KBRI London Foto: KBRI London
Jakarta - Promosi wisata dan budaya 'Indonesia Weekend' sukses digelar di London, Inggris. Makanan Indonesia pun memikat pengunjung acara ini.

Salah satu acara yang menarik perhatian adalah demo masak makanan Indonesia. Acara ini diadakan atas kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia di London dengan institut kuliner Le Cordon Bleu London. Juga didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Minat yang besar akan kuliner Indonesia terlihat dengan lebih dari 100 partisipan yang hadir. Terdiri dari para pelajar tata boga di London, praktisi kuliner, blogger hingga awak media.

"Budaya yang beraneka ragam menjadikan kuliner Indonesia unik dan tiada tandingannya," terang Chef Degan Septoadji. Juri MasterChef ini memilih gado-gado, nasi goreng, dan rendang sebagai makanan untuk didemonstrasikan dihadapan peserta dan undangan.

Rendang dan Gado-gado Sukses Memikat Pengunjung Indonesia WeekendFoto: KBRI London
"Setiap provinsi di Indonesia memiliki ciri khas dalam cara mereka memasak ketiga kuliner yang namanya telah mendunia tersebut," tambahnya.

"Masakan Indonesia memiliki lima bumbu dasar yang utama yaitu bumbu merah, kuning, hijau, putih dan juga hitam. Setiap bumbu memiliki arti yang berbeda terutama pada jaman dahulu sebelum kepercayaan agama masuk ke Indonesia," jelas Chef Degan.

Menurut rilis KBRI London (5/9) demo masak ini diadakan untuk kedua kalinya. "Jumlah peserta yang mendaftar tahun lalu membludak sehingga kami bertekad mengadakan kembali demo masak oleh Chef Degan tahun ini", ujar Thomas Siregar, Minister Counsellor KBRI London.

Rendang dan Gado-gado Sukses Memikat Pengunjung Indonesia WeekendFoto: KBRI London
Bagi peserta di luar London dapat mengikuti demo melalui live streaming di akun media sosial KBRI London.

Setelah melihat demo masak dan mencicipi gado-gado, rendang dan nasi goreng, apa komentar peserta?

Food dan travel blogger Delahaye, pemilik blog Hues of Delahaye, berkomentar, "Dari cara mempraktikkan resepnya, terlihat bahwa Chef Degan sangat bersemangat dalam mempromosikan healthy eating dan healthy cuisine pada para peserta," ungkapnya.

Rendang dan Gado-gado Sukses Memikat Pengunjung Indonesia WeekendFoto: KBRI London
"Sangat menarik dan mengesankan! Chef Degan telah mengajarkan saya banyak hal baru tentang masakan Indonesia," jelas Thu Phan Thu Phan, peserta asal Vietnam yang bekerja di BBC World Service di London.

Sementara chef Degan berharap peserta bisa mempraktekkan masak makanan Indonesia di rumah. Diharapkan berbagai resep kuliner yang ia praktekkan bisa menggugah warga Inggris untuk berkunjung ke tanah air. (dwa/odi)