Sluurp! Segarnya Nirapresso, Kopi Bercampur Nira Khas Aceh

Agus Setyadi - detikFood Kamis, 06 Sep 2018 14:21 WIB
Foto: dokdetikFood/Agus Setyadi Foto: dokdetikFood/Agus Setyadi
Jakarta - Buat pencinta kopi, jika mampir ke Aceh, jangan lupa cicipi nirapresso. Rasanya segar dan sedang disukai anak muda di sana.

Kopi espresso bercampur air nira ini disajikan dalam keadaan dingin. Aroma nira tercium harum tajam tercium kuat. Untuk kopinya, dipakai biji kopi arabika dari Tanah Gayo. Saat disajikan ke pelanggan, air nira terlihat di bagian bawah dan warna hitam kopi terdapat di atas.

Setelah diaduk, dua jenis minuman ini bercampur dan warnanya menjadi cokelat muda. Rasa manis bercampur dengan aroma kopi khas Gayo menambah kenikmatan kopi. Untuk harganya pergelasnya, Nirapresso dijual Rp 15 ribu.

Sluurp! Segarnya Nirapresso, Kopi Bercampur Nira Khas AcehFoto: dokdetikFood/Agus Setyadi

"Untuk nirapresso ini kita tambah es batu agar kelihatan segarnya. Kita bikin kopi nira untuk menambah varian baru jenis kopi kopi di Aceh," kata Owner Moorden Coffe Banda Aceh Fachrizal (28) saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ide mencampurkan nira dengan kopi ini muncul pada akhir 2017 lalu. Moorden sendiri baru buka dan menyajikan minuman segar tersebut pada Maret 2018.

Menurut Fachrizal, ia bersama seorang temannya Dinda Sutari awalnya hanya mencoba-coba untuk mencampurkan kopi, air nira dan sedikit es batu. Setelah dipromosikan, kopi racikan mereka ternyata digemari kaum muda di sana.

Sluurp! Segarnya Nirapresso, Kopi Bercampur Nira Khas AcehFoto: dokdetikFood/Agus Setyadi

Proses penyajian Nirapresso tidak membutuhkan waktu lama. Barista meracik minuman segar ini dalam waktu sekitar tiga menit. Untuk satu gelas, takaran air nira dan kopi dibuat seimbang. Kopinya itu one shot espresso dan sedikit air nira.

"Nirapresso ini jadi minuman khas Moorden. Selain itu, kita juga menyediakan Sanpresso (kopi bercampur santan) dan kopi arabika campur telur kocok," jelas Fachrizal. (dwa/odi)